Shortcut Pengaturan Teks di Powerpoint

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Shortcut Pengaturan Teks di Powerpoint

Setelah di artikel lalu saya membahas tentang 4 Tombol Navigasi Penting di Powerpoint. Maka kali ini saya akan mengupas tentang sejumlah shortcut pengaturan teks di Powerpoint. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang seringkali menyusun materi presentasi menggunakan software Microsoft Office Powerpoint, selain untuk mempercepat kerja Anda, shortcut pengaturan teks di Powerpoint ini juga bisa menjadi solusi ketika Anda lupa dimana letak pengaturan teks tersebut.

Oya, untuk melengkapi tulisan ini, saya juga mengajak Anda membaca artikel dari Kreasi Presentasi tentang Mendalami Keajaiban Shortcut Powerpoint setelah Anda menyelesaikan artikel ini. Untuk melengkapi referensi shortcut Powerpoint Anda, sehingga benar-benar komplit. Nah, tanpa berlama-lama ini adalah Shortcut Pengaturan Teks di Powerpoint:

1- Mengubah Ukuran Teks

Untuk memperbesar atau mengecilkan ukuran teks di dalam slide Powerpoint, selain Anda bisa menggunakan pengaturan ukuran font di ribbon Ppt, kita juga bisa menggunakan tombol di keyboard sebagai shortcut, yaitu:

Tekan tombol Ctrl + Shift + > atau Ctrl + ],  tujuannya memperbesar ukuran teks

Tekan tombol  Ctrl + Shift + < atau Ctrl + [ , tujuannya memperkecil ukuran teks

2- Memindahkan Kursor di dalam Paragraf

Selain menggunakan panah atau mouse untuk memindahkan kursor dalam paragraf, Anda juga bisa menggunakan shortcut pengaturan teks di Powerpoint menggunakan keyboard diantaranya:

Tekan tombol “Home” untuk memindahkan kursor ke awal baris teks.

Tekan tombol “End” untuk memindahkan kursor ke akhir baris teks.

3- Memindahkan Posisi Paragraf

Slide Powerpoint sangat fleksibel dalam pengaturan teks. Anda pun bisa langsung menggeser paragraf konten slide ke kanan atau ke kiri sesuka hati. Meski demikian, jika ingin presisi, Anda juga bisa menggunakan shortcut keyboard untuk menggeser paragraf Anda, yaitu:

Tekan tombol Alt + Shift + →, ini bisa membantu Anda memindahkan posisi satu paragraf ke kanan.

Tekan tombol Alt + Shit + , ini bisa membantu Anda memindahkan posisi satu paragraf ke kiri.

Tekan tombol Alt + Shit + ↓, ini bisa membantu Anda memindahkan posisi satu paragraf ke bawah.

Tekan tombol Alt + Shit + ↑, ini bisa membantu Anda memindahkan posisi satu paragraf ke atas.

4- Mengubah Huruf jadi Kapital & Mengaturnya

Untuk mengatur huruf Anda menjadi kapital atau tidak, Anda bisa menggunakan tombol Shift + F3. Tentunya setelah Anda blok terlebih dahulu kata atau kalimat di dalam slide yang dimaksud. Setelah itu, akan ada pilihan pengaturan kapitalisasi huruf. Tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu Anda bisa juga menggunakan Ctrl + Shift + F untuk pengaturan font lainnya. Tombol ini berfungsi untuk membuka kotak dialog tentang font atau huruf di dalam slide presentasi.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment