BLOG

4 Tombol Navigasi Penting di Powerpoint

Bagi Anda yang sering presentasi, menguasai software presentasi adalah sebuah keharusan. Jika Anda seringkali presentasi dengan menggunakan slide Powerpoint, maka menguasai Powerpoint adalah kewajiban. Saya dan tim Kreasi Presentasi siap membantu Anda untuk menguasai media presentasi via Powerpoint, dengan pelatihan slide profesional (Amazing Slide Presentation), visualisasi data dan infografis (Amazing Slide Infographic) serta teknik animasi dalam workshop Videografis (Amazing Slide Videographic). Silakan menghubungi Bu Kuma di 0857 3333 0407.

Oya, kembali ke artikel, salah satu teknik penguasaan software presentasi Powerpoint adalah dengan memahami 4 tombol navigasi penting di Powerpoint. Tombol-tombol ini sudah tersedia di keyboard. Tombol-tombol ini ibarat shortcut atau jalan pintas untuk memudahkan Anda dalam menyampaikan presentai. Apa saja 4 tombol navigasi penting di Powerpoint tersebut? Berikut penjelasan yang sebagian saya kutip dari Synapsis Creative:

1- Tombol Perpindahan Slide

Ada beberapa tombol yang memudahkan Anda untuk memindahkan slide yaitu:

  • F5: Slide presentasi akan dimulai dari slide pertama.
  • Shift + F5: Slide presentasi akan dimulai dari slide Anda saat ini.
  • Saat slideshow, tekan nomor slide + enter: Anda akan berpindah ke slide dengan nomor tersebut.
  • Tombol Pgdn atau ↓ atau →:akan memindahkan slideshow Anda ke slide berikutnya.
  • Tombol Pgup atau ↑ atau ←: akan memindahkan slideshow Anda ke slide sebelumnya.

2- Tombol Blank

Ada kalanya Anda perlu mematikn slideshow Anda sejenak saat presentasi, sehingga perhatian audiens kembali pada Anda. Untuk membuat slide Anda menjadi blank, Anda cukup menekan tombol “B” saat slideshow, maka slide Anda langsung menjadi blank.

3- Tombol Simpulan

Jika presentasi berlangsung lebih cepat dari perkiraan awal, atau saat durasi presentasi Anda dikurangi, maka Anda perlu langsung menuju slide simpulan. Slide simpulan bisa berarti slide awal yang menunjukkan judul dan esensi presentasi Anda. Bisa juga merupakan slide akhir, yang berisi rangkuman, quote penutup ataupun ucapan terima kasih pada audiens. Anda bisa memilih menekan:

  • Home: saat slideshow, maka slide Anda akan kembali ke slide pertama.
  • End: saat slideshow, maka slide Anda akan menuju slide terakhir.
  • Esc: saat slideshow, maka Anda akan keluar dari mode slishow menuju mode normal Powerpoint.

4- Menyembunyikan Slide

Salah satu tips lain untuk mempersingkat presentasi adalah dengan menyembunyikan slide yang kurang penting untuk dibahas. Sebelum presentasi, dalam mode normal Powerpoint, Anda bisa mengklik kanan slide yang ingin Anda sembuyikan, dan pilih “hide slide“, dengan ini Anda bisa skip slide-slide yang kurang perlu untuk dibahas.

Nah, itulah 4 tombol navigasi penting di Powerpoint, mudah-mudahan tips ini memudahkan Anda untuk tampil presentasi dengan performa optimal.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment