2022 Amazing Data Presentation

Judul : Amazing Data Presentation (Cara Cepat Visualisasi Jutaan Data dengan Tableau)

Tebal : 112 halaman ++

Penulis : Dhony Firmansyah, Panji Priambudi, & Hakim Asthra Yudhie

Penerbit : Kreasi Presentasi

Tahun : 2022

Dimensi : Lebar 18 cm, Tinggi 23 cm

Genre : Skill Up, Desain, Komputer, Visualisasi Data, Data, Software, Tableau (full color)

Rangkuman Buku

Di tahun 2025, Internal Data Corporation (IDC) memperkirakan jumlah data di seluruh dunia mencapai 163 Zettabyte (ZB). 1 ZB sendiri setara dengan 1 triliun Gigabyte (GB). Bila dihitung, setidaknya kita butuh 2500 hardisk berkapasitas 1 Terabyte (TB) untuk menyimpan data tiap hari. Iya, tiap hari bukan tiap tahun.

Padahal esensi setiap data itu sama. Baik itu jumlahnya banyak ataupun sedikit. Data dikumpulkan untuk divisualkan dan dianalisa. Semakin banyak data yang didapat, maka semakin akurat hasil yang diperoleh. Jika data yang dimiliki jumlahnya relatif sedikit, misal 50, 100 hingga 200 baris data, mungkin Anda tidak akan terlalu kesulitan dalam memvisualkan maupun mempresentasikannya. Bahkan Anda bisa langsung menampilkan data dengan Microsoft Excel maupun Powerpoint. Presentasi puluhan hingga ratusan data bisa saja ter-cover dengan dua software tersebut.

Namun bagaimana jika data yang ingin Anda presentasikan terdiri dari jutaan baris? Bagaimana jika atasan menginginkan Anda mempresentasikan data dengan interaktif? Bagaimana jika sumber data Anda memiliki source yang berbeda-beda, misal Excel, Pdf dan Database, yang kemudian perlu dianalisa secara bersamaan? Untuk memenuhi banyak hal ini, kita tidak cukup hanya dengan menggunakan Microsoft Excel saja, akan tetapi kita memerlukan software Business Intelligence. Perangkat lunak yang telah digunakan ribuan corporate untuk menganalisa jutaan data mereka.

Software business intelligence yang saya maksudkan adalah Tableau. Software ini merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menganalisa & memvisualkan hingga 15 juta baris data. Tableau mampu menyusun visualisasi dari berbagai source data berbeda. Kemudian menampilkannya dalam bentuk dashboard interaktif yang saling terkoneksi satu sama lain.

Lalu bagaimana cara mempelajari software Tableau? Tenang. Buku Amazing Data Presentation (ADP) yang saat ini ada di genggaman Anda adalah solusinya. Dengan Bahasa yang renyah dan sederhana, buku ADP mengenalkan kepada Anda cara memperoleh, menganalisa, memvisualkan hingga mempresentasikan data yang berlimpah via software Tableau. Lengkap dengan contoh kasus, step by step hingga tampilan visual modern dashboardnya.

Membaca ADP, artinya Anda sedang mempelajari skill yang menjadi shooting star dan kebutuhan primer berbagai bidang keilmuan. Yaitu, keahlian memvisualkan data berlimpah dengan teknik yang cepat dan simpel. ADP juga akan membawa Anda ke next level presentasi, yang bisa melesatkan karir dan skill Anda dalam visualisasi, analisa dan penyajian ribuan bahkan jutaan data. Read it. Prove it.

Buku ini Membantu Anda Menjawab Pertanyaan tentang:

1- Mengenal Software Tableau & Fitur-fiturnya

2- Tips & Teknik Mencari Data

3- Tips & Teknik Menyiapkan Data untuk Analisa

4- Tips & Teknik Visualisasi Data dengan Jumlah Berlimpah

5- Tips & Teknik menyusun presentasi Tableau dengan Dashboard Data Interaktif

Anda bisa memesan dengan berkunjung ke Amazing-Slide.com atau Shopee Kreasi Presentasi.