5 skill terpenting dalam presentasi

5 Skill Terpenting dalam Presentasi

Ketika kita sedang mendelivery-kan pesan di hadapan audiens, perlu kita ingat, ada 5 skill terpenting dalam presentasi. Ini bukanlah hardskill, namun lebih ke mindset dan pemahaman Anda sebagai seorang presenter. Lebih pas lagi jika disebut dengan softskill presentasi. Meski tidak nampak, skill ini sangat berpengaruh dalam penyampaian Anda. Skill ini pula lah yang bisa membuka hati audiens untuk dekat dengan Anda.

Nah, 5 skill terpenting dalam presentasi ini saya rangkum dari artikel Scott Schwertly, founder dan CEO dari Ethos3, firma presentasi dari Tennessee Amerika Serikat. Menurut Scott, skill tersebut adalah:

1- Melayani dengan Hati

Seorang presenter ibarat pelayan audiens. Presentasi ini bukan untuknya, namun untuk audiens. Seorang presenter wajib menyajikan hidangan presentasi terbaik. Yang menyehatkan pikiran sekaligus bisa dinikmati oleh perasaan audiens. Ini semua bisa dilakukan jika presenter mau melayani dengan hati. Menyampaikan presentasi dengan antusias, senyum dan menanggapi audiens dengan positif.

2- Rasa Ingin Tahu yang Besar

Seorang presenter wajib menumbuhkan rasa ingin tahu yang besar dalam dirinya. Dengan keingintahuan tersebut, dia akan selalu berusaha memperbaiki diri. Mencoba mengungkap bagaimana presenter kelas dunia memukau audiens. Rasa ingin tahu inilah yang membuat dirinya mau belajar, berlatih dan mengevaluasi presentasinya lebih baik lagi.

3- Pesan yang Sederhana

Einstein mengatakan bahwa jika Anda tidak bisa menjelaskan sesuatu dengan sederhana, berarti Anda tidak memahaminya. Presentasi adalah tentang penyampaian pesan. Proses komunikasi, sehingga pesan yang Anda sampaikan mampu diterima dengan baik oleh audiens. Untuk memudahkan audiens memahami pesan Anda, gunakanlah bahasa yang sederhana, simpel dan singkat.

4- Mindset untuk Terus Tumbuh

4- Mindset untuk Terus Tumbuh

Seorang presenter tidak boleh cepat puas diri, apalagi profesi yang berhubungan dengan presentasi semakin berkembang dari waktu ke waktu. Seorang presenter wajib memahami, bahwa presentasi terdiri dari konten, media dan teknik penyampaian.

Seorang presenter bisa jadi memiliki konten yang bagus, namun jika tidak didukung dengan teknik penyampaian dan media presentasi yang mumpuni, dirinya akan ditelan oleh persaingan di dunia presentasi. Nah, khusus tentang media presentasi, saya dan tim Kreasi Presentasi telah siap membantu Anda dalam menyusun media presentasi terbaik, dalam bentuk pelatihan slide presentasi profesional, workshop infografis dan training videografis untuk lembaga dan perusahaan Anda.

Silakan hubungi Bu Isti 0857 3333 0407 untuk info lengkapnya. Kami akan membantu hardskill Anda dalam penyusunan media presentasi dengan visual terbaik.

5- Memahami Kelebihan dan Kekurangan

Tips terakhir dari 5 skill terpenting dalam presentasi adalah memahami kelebihan dan kekurangan. Guru saya pernah menceritakan, suatu saat ada seorang pemain bulutangkis legendaris yang bertemu dengan lawan bebuyutannya di final kejuaraan. Dirinya melihat sang lawan menggunakan tangan kiri, sedangkan selama ini dirinya sudah terbiasa memainkan bulutangkis dengan tangan kanan. Apa yang terjadi jika dia menggunakan tangan kiri saat final? Tentu saja dia akan kalah habis-habisan. Mengapa dia bisa kalah? Karena dia menggunakan kelemahannya, bukan kekuatannya.

Nah, inilah maksud saya memahami kelebihan dan kekurangan Anda. Jika Anda pandai bercerita, maka sampaikan presentasi dengan gaya storytelling. Jika Anda lebih pede menggunakan media untuk presentasi Anda, maka jangan ragu untuk menyiapkan media sebagai teknik penyampaian presentasi terbaik. Intinya jangan menggunakan kelemahan Anda untuk mencoba memberi hasil yang terbaik.

Nah, itulah 5 skill terpenting dalam presentasi untuk Anda. Moga manfaat.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment