BLOG

Tips Presentasi – Naturalness

Dalam buku Presentation Zen, Garr Reynolds menulis tips presentasi bahwa untuk tampil seoptimal mungkin dalam presentasi ada 3 hal yang harus dipersiapkan. Yaitu Restraint (pengendalian) dalam mendesain materi, Simplicity (kesederhanaan) dalam mendesain media dan Naturalness (kealamian) dalam menampilkan presentasi.

Dalam artikel ini saya tidak membahas semuanya, namun saya cukup membahas yang ketiga, yaitu naturalness atau kealamian dalam menyampaikan presentasi. Garr Reynolds menyarankan supaya kita tampil alami dan apa adanya di saat presentasi. Lalu apakah tampil apa adanya itu berarti tanpa berlatih dan menyampaikan sekenanya? Bukan, tidak demikian. 3 persiapan presentasi yang saya sebut sebelumnya, yaitu restraint, simplicity dan naturalness tidak bisa dipisahkan. Artinya seorang presenter tetap harus mendesain materi dan media seoptimal mungkin sebelum tampil dengan alami.

Apa maksud naturalness atau tampil dengan alami itu? Dari penjelasan Garr Reynolds saya bisa menyimpulkan 3 hal yang dimaksud dengan naturalness,  berikut tips presentasi nya:

  1. Desainlah presentasi dengan berdialog atau bercerita. Hindari kesan monolog pada presentasi Anda. Monolog atau berbicara sendiri tanpa melibatkan peserta menjadikan forum presentasi membeku. Presenter seakan ingin memuaskan dirinya sendiri dibanding memuaskan audiens. Padahal target presentasi adalah audiens. Persiapkan segalanya untuk audiens, materi, cerita dan media. Buat mereka tersenyum, bahagia dan tersentuh dengan presentasi Anda. Dan itu semua tidak akan mampu Anda lakukan jika penyampaian Anda terkesan monolog.
  2. Singkirkan semua barier atau penghalang di depan Anda, yang membatasi Anda dengan audiens. Barier itu bisa berupa podium, panggung yang terlalu jauh, atau posisi duduk seperti pada seminar atau diskusi panel. Barier-barier ini membuat Anda tidak tampil alami. Seharusnya tidak ada jarak dalam berkomunikasi dengan audiens. Jika Anda ingin lebih dekat, maka get rid of them.
  3. Dan yang terakhir seorang presenter wajib berlatih dan berlatih. Inilah kunci utama seorang pembicara tampil dengan alami. Penampilan akan tampak alami jika kita menyampaikan materi dengan lancar. Dan ini semua akan terjadi jika kita mau berlatih sebelum presentasi.

Nah, itulah 3 tips presentasi tentang naturalness yang disampaikan oleh Garr Reynolds. Bagi Anda yang ingin berlatih presentasi secara alami, menghilangkan kegugupan, berani tampil di depan audiens sehingga berpengaruh, maka saya sarankan Anda untuk mengikuti Wanna be Trainer batch 12, tanggal 14-16 Februari besok yang dipandu langsung oleh Pak Jamil Azzaini yang didukung penuh oleh Komunitas Akademi Trainer. Untuk informasi sdan pendaftaran, silakan klik disini.

Insya Allah saya juga akan menjadi salah satu fasilitator disana. Kalau mau diskusi tentang slide presentasi, monggo hehe. Demikian tips presentasi hari ini. Semoga manfaat.

Salam Amazing.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment