Tips Presentasi dengan Excel

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Tips Presentasi dengan Excel

Tips presentasi dengan Excel? Apa saya tidak salah baca? Tentu saja tidak. Memang Microsoft Excel tidak didesain secara visual untuk mempresentasikan data. Microsoft Excel lebih berperan dalam input, mengolah dan memvisualkan data secara sederhana. Tapi bukan berarti Excel tidak bisa digunakan dalam presentasi.

Pada sebuah kondisi khusus, misal data mentah Anda terlalu banyak, atau Anda dalam sebuah meeting yang perlu memvisualkan sekaligus mengedit data yang Anda miliki, maka presentasi dengan Microsoft Excel adalah salah satu solusinya. Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan mencoba mengungkap beberapa tips presentasi dengan Excel, yang saya rangkum dari tulisan Brandon Pfaff, seorang Certified Public Accountant (CPA) dari GoSkills. Semoga kiat-kiat ini bermanfaat bagi Anda:

1- Butuh Cepat? Gunakan Template Excel

Bila Anda termasuk orang yang selalu sibuk dan dikejar deadline, menggunakan Template Online Excel adalah salah satu solusi terbaik untuk menyusun laporan presentasi via Excel. Anda bisa mendapatkan template ini dengan beberapa cara. Pertama, adalah menggunakan Template Default dariMicrosoft Excel. Caranya cukup mudah, buka saja Excel Anda, lalu di tampilan awal Excel Anda akan langsung berhadapan dengan sjumlah template report ala Excel dan bisa juga dicari varian template-nya via online:

Kedua, Anda bisa mendownload berbagai template Excel, seperti laporan keuangan, timeline, KPI, agenda dan kalender atau berbagai template Excel lainnya dengan mengakses Website yang menyediakan template Excel tersebut. Salah satu website yang saya rekomendasikan adalah Goskills. Anda bisa mendapatkan sekitar 50 free Excel template disini secara gratis. Klik saja gambar berikut:

2- Memberi Nama Worksheet dengan Tepat

Dalam presentasi, seringkali kita terlalu fokus dengan materi presentasi, hingga lupa menyiapkan hal-hal keecil yaang remeh menurut kita, namun sangat berdampak pada kelancaran presentasi. Di Excel, salah satunya adalah memberi nama worksheet dengan tepat. Jangan biarkan worksheet Anda masih menggunakan pola default, seperti Sheet-1, atau Sheet-2. Namun ubah nama worksheet sesuai dengan kebutuhan presentasi Anda, misal Pendahuluan Data, Analisa Data, Rekomendasi dan Simpulan. Tips presentasi dengan Excel ini akan melancarkan presentasi Anda tanpa harus khawatir dengan konten materinya.

3- Pilih Font yang Mudah Dibaca

Font dalam Excel juga sangat berpengaruh dalam presentasi Anda. Secara default, font Arial atau Calibri sudah sangat mudah untuk dibaca dalam presentasi. Akan tetapi, jika Anda ingin mengubah jenis font Excel, maka yang perlu diperhatikan antara lain, keterbacaannya, ketebalan hurufnya, ukuran fontnya, dan warna background cell Excel Anda. Berikut adalah contoh Do and Donts dalam menentukan huduf di Excel.

4- Kadang Kita perlu Merge Cell

Judul dalam Sheet Excel seringkali perlu diperbesar sehingga mampu dibaca oleh semua audiens. Oleh karena itu menggabungkan cell atau merge cell di dalam Excel perlu untuk dilakukan. Apalagi jika audiens Anda berjumlah banyak dan sangat perlu untuk membaca konten data Anda. Berikut adalah contoh judul report Excel yang menggabungkan beberapa kolom di dalamnya.

5- Singkirkan Grid untuk Dashboard Excel

Bila Anda ingin menampilkan dashboard data di Excel, maka lebih baik Anda menghilangkan gridlines di sheet Excel Anda. Caranya cukup mudah, klik saja di bagian “View” Excel, lalu hilangkan centang “Gridlines” yang Anda. Maka Anda akan mendapat tampilan sheet Excel yang clean dan siap untuk memvisualkan dashboard Anda.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment