Teknik Visualisasi Angka dalam Infografis

Pelatihan Infografis, Videografis & Visualisasi Data, CP: 0857 3333 0407.

Teknik Visualisasi Angka dalam Infografis

Ada sejumlah komponen yang perlu divisualkan dalam infografis. Salah satunya adalah angka. Ya, angka. Sesuatu yang mutlak ada dalam tampilan infografis. Ada beragam cara teknik visualisasi angka dalam infografis, untuk membuatnya makin menarik, visual dan memudahkan audiens menangkap pesan inti infografis tersebut. Ada sekitar 5 teknik visualisasi angka dalam infografis yang saya kutip dari tulisan Tim Bock, founder Displayr. Apa saja 5 teknik visualisasi angka dalam infografis tersebut? Berikut penjelasannya:

1- Angka Informatif

Ini adalah teknik visualisasi angka dalam infografis yang paling sering kita jumpai. Menempatkan angka dengan membuatnya memiliki ukuran lebih besar dibanding konten lainnya. Atau menempatkan angka tersebut dalam shapes sehingga terlihat lebih menonjol. Visualisasi ini tampak sangat sederhana namun cukup efektif untuk menonjolkan angka dibanding konten infografis lainnya. Apalagi jika angka tersebut berhubungan dengan simpulan infografis Anda. berikut adalah contohnya:

2- Grafik Batang & Pie Chart

Teknik visualisasi angka kedua adalah mewujudkannya dalam grafik batang ataupun pie chart. Hal ini sangat penting, apalagi jika kumpulan angka yang Anda peroleh berupa data yang terangkum dalam tabel. Grafik batang akan memudahkan Anda untuk melihat perbandingan dari masing-masing angka, maupun naik atau turunnya deretan angka tersebut. Sedangkan pie chart memudahkan Anda untuk melihat angka sebagai bagian dari keseluruhan proporsi yang ada.

Nah, jika Anda ingin belajar lebih dalam dan langsung praktik tentang teknik visualisasi angka dalam infografis, kami persilakan Anda untuk bergabung dengan Workshop Infografis bersama saya dan tim Kreasi Presentasi, yang bisa diselenggarakan baik secara offline maupun online. Silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk mendapatkan penawaran istimewanya.

3- Overlay Images

Teknik yang ketiga ini sebenarnya merupakan pengembangan dari teknik visualisasi angka menggunakan grafik batang dan pie chart. Hanya saja tampilan grafik batang digantikan dengan sesuatu yang lebih mudah diindera, seperti botol, wajah manusia, hingga donat. Dengan penggabungan ini, audiens akan merasakan tampilan data jauh lebih nyata. Berikut adalah contohnya:

4- Piktograf

Piktograf sebenarnya merupakan grafik batang, dimana isi dari batang grafik batang yang biasanya hanya warna polos, digantikan dengan ikon atau siluet. Misal, siluet manusia, hewan, uang dan lain sebagainya, semua tergantung kebutuhan visualisasi datanya. Piktograf ini membuat visualisasi angka Anda tampak berbeda, unik dan eyecatching.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment