BLOG

Sekeras Apa Diri Anda?

 

Guru inspirasi saya mengatakan, bahwa guru yang baik dulunya adalah murid yang baik. Tak mungkin bisa muncul seorang guru yang mampu menjadi teladan tanpa jerih payah menuntut ilmu sebelumnya. Seseorang yang mampu menjadi teladan, sebelumnya pasti bersedia menerima kritik dan saran dari orang lain. Khususnya masukan yang membangun, untuk kebaikannya dan profesionalismenya.

Tanpa kritik dan masukan, keinginan untuk bisa sukses dan maju hanyalah kiasan indrawi semata. Ibarat fatamorgana. Karena tanpa kritik dan masukan, diri kita akan tetap berada dalam status lama. Tanpa update, tanpa pembaruan. Padahal kehidupan selalu berubah dan berubah. Memperbaiki diri juga merupakan bentuk dari perubahan. Seseorang yang berkepribadian baik, akan selalu merasa tidak sempurna. Selalu berusaha untuk berubah. Sedangkan seseorang yang berkepribadian buruk, akan selalu merasa jadi yang terbaik dan berupaya mencari pembenaran dari setiap perbuatannya. Dia cukup puas dengan keangkuhannya.

Oleh karena itu benar kata guru keilmuan saya, pada gigi manusia ada bagian yang disebut dengan email gigi. Inilah bagian terkeras dari tubuh manusia. Email mampu menjaga gigi manusia tetap awet selama berpuluh-puluh tahun. Cukuplah email gigi kita saja yang paling keras, jangan jadikan hati kita lebih keras lagi.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , ,

Post a comment