Persiapan Presentasi Online

Pelatihan Infografis, Videografis & Visualisasi Data, CP: 0857 3333 0407.

Persiapan Presentasi Online

Di era pandemi seperti sekarang, sebagian besar pertemuan offline terganti dengan meeting online. Baik itu melalui Google Meet, Zoom, Microsoft Team, Webex dan sejumlah software meeting online lainnya. Demikian juga dengan pelatihan, presentasi, hingga sekolah menggunakan fasilitas meeting online tersebut. Nah, jika Anda akan melakukan presentasi online, apa saja yang wajib dipersiapkan untuk menjamin lancarnya acara? Di artikel ini, saya akan kupas sejumlah persiapan meeting online yang benar-benar harus diperhatikan.

1- Materi Presentasi

Materi presentasi adalah kebutuhan mutlak dalam persiapan presentasi online. Tanpa materi presentasi, kita akan kesulitan dalam penyampaian materi secara lancar dan terstruktur. Materi presentasiminimal terdiri atas skrip presentasi dan slide presentasi. Skrip presentasi merupakan kalimat demi kalimat yang Anda ucapkan saat presentasi online, sedangkan slide presentasi adalah wujud visual dari skrip presentasi Anda.

Oya, jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang visualisasi presentasi, infografis maupun visualisasi data dengan slide presentasi, Anda bisa bergabung dengan kami di pelatihan bersama Kreasi Presentasi. Silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk penawaran pelatihannya.

2- Software Presentasi Online

Kebutuhan yang wajib ada lainnya untuk persiapan presentasi online adalah software presentasi, seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Team dan sebagainya. Oya, sangat penting untuk menjaga software Anda tetap update di setiap presentasi online. Jika hal ini diabaikan, seringkali presentasi kita akan berjalan tidak lancar. Misalnya, Anda tidak mampu share screen sehingga audiens tidak bisa melihat presentasi Anda. Atau Anda tidak bisa masuk ke ruang meeting online dengan lancar karena selalu terlempar keluar dari main room. Ini kemungkinan terjadi karena software meeting online Anda belum terupdate.

3- Koneksi Internet yang Memadai

Koneksi internet yang lancar adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi saat persiapan presentasi online. Apalagi jika Anda menjadi pembicara. Paling tidak Anda wajib menyiapkan 2 koneksi internet sebagai koneksi utama dan koneksi cadangan. Koneksi utama menggunakan wifi di rumah Anda, sedangkan koneksi kedua adalah tethering dari smartphone milik Anda. Dengan adanya koneksi utama dan cadangan, Anda akan lebih tenang saat presentasi online.

4- Komputer yang Sesuai

Gunakan pula komputer dengan spesifikasi yang sesuai untuk persiapan presentasi online Anda. Apalagi jika presentasi online Anda berhubungan dengan hal-hal teknis seperti saya dan tim Kreasi Presentasi. Kami memberikan pelatihan infografis dan videografis secara online. Sehingga perlu spesifikasi komputer yang memadai. Terutama saat share screen, menunjukkan teknik penyusunan infografis secara tahap demi tahap, memerlukan komputer yang benar-benar lancar dan loadingnya cepat. Karena komputer adalah nyawa Anda saat presentasi online, sering-seringlah men-scan komputer Anda, serta menghapus file-file yang tidak perlu untuk menjaga kapasitas komputer.

5- Webcam & Microphone

Persiapan presentasi online yang terakhir adalah keberadaan webcam dan microphone. Di laptop biasanya sudah tersedia webcam dan microphone yang telah terintegrasi. Sayangnya tidak semua webcam laptop memiliki resolusi gambar yang bagus. Malah sebagian besar cenderung gelap dan kurang nyaman dilihat. Padahal jika audiens mampu melihat video wajah Anda dengan jelas, maka akan menjadi nilai plus Anda saat presentasi online.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment