BLOG

Pengorbanan Tepat Sasaran

Coba sebutkan, apakah ada hal di dunia ini yang tidak butuh pengorbanan? Jawabannya tidak ada. Setiap hal di dunia ini memerlukan pengorbanan. Apakah itu tenaga, dana, waktu maupun keahlian. Apa yang kita harapkan ketika kita sudah mengeluarkan sebuah pengorbanan? Tentu kita membutuhkan timbal balik. Dan timbal balik itu adalah sesuatu yang lebih daripada apa yang kita korbankan.

Tentu, pengorbanan yang kita berikan akan setimpal dengan apa yang kita peroleh. Jika yang kita peroleh belum sesuai dengan apa yang kita keluarkan, kemungkinannya ada 2, yang pertama pengorbanan kita belum cukup genap untuk menuai hasil. Seperti seorang petani yang memanen padi di usia satu bulan, tentu pengorbanan waktu belum cukup genap, karena untuk matang, tanaman padi butuh minimal 3 hingga 4 bulan. Sedangkan kemungkinan yang kedua adalah, kita berkorban sesuatu yang salah sasaran. Tanaman padi berusia sebulan memerlukan pengorbanan waktu yang lebih lama untuk bisa matang. Akan tetapi, kita mencoba mempercepat masaknya padi dengan meminta tolong penggarap sawah untuk membeli obat  yang mahal untuk mempersingkat masaknya padi. Sebanyak apapun modal yang kita gelontorkan, jika memang belum saatnya untuk matang, maka padi tersebut tidak bisa kita tuai. Inilah yang disebut pengorbanan yang salah sasaran.

Sama dengan kesuksesan. Pengorbanan mutlak diperlukan. Jika kesuksesan hingga saat ini belum dapat diraih, maka ada dua kemungkinan. Pengorbanan kita belum cukup atau kita salah sasaran dalam berkorban. Kita ingin menjadi karyawan teladan dan dipromosikan, namun ternyata kita menghabiskan waktu bersenda gurau dan malas untuk meningkatkan kinerja. Tetu hal ini belum cukup untuk memposisikan diri kita untuk dipromosikan.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , ,

Post a comment