BLOG

Menyederhanakan Tampilan Tabel Powerpoint

Ketika kita ingin mengumpulkan data dalam bentuk angka dengan berbagai ukuran dan variabel, untuk mengelompokkan dan memudahkan kita dalam membacanya, secara umum kita menggunakan tabel untuk menuliskan data-data tersebut. Tabel merupakan sebuah alat informasi yang menampilkannya dalam bentuk baris dan kolom (matriks). Bagian atas tabel umumnya berisi tentang variabel yang akan diukur, misal jumlah dan rentang waktu. Sedangkan bagian bawahnya berisi informasi yang ingin diketahui. Perlu kita tahu, bahwa tabel merupakan data mentah. Data yang belum diolah. Data yang belum divisualkan. Data yang ditampilkan apa adanya. Semakin banyak matriks, maka tabel akan semakin sulit dimengerti, karena angka maupun data yang dibaca akan kian banyak. Sebaiknya tabel divisualkan dulu dalam bentuk grafik maupun pie chart. Akan tetapi dalam suatu keadaan tertentu, kadangkala tabel diminta ditampilkan apa adanya. Padahal angka yang berlebihan membuat data kian rumit, makin sulit dimengerti. Maka, perlu langkah-langkah mudah menyederhanakan tampilan tabel Powerpoint. Saya merangkum teknik menyederhanakan tampilan tabel Powerpoint dari sebuah artikel yang disusun oleh DarkHorseAnalytics. Artikel ini akan memudahkan Anda untuk menyederhanakan tampilan tabel Powerpoint. Apa saja langkahnya? Berikut penjelasannya:

1- Hilangkan Warna Mencolok Tabel

Ketika kita memilih “insert” dan mengklik “table” di Powerpoint, maka pilihlah warna tabel yang cenderung netral. Hilangkan variabel warna lain dari tabel yang membuatnya tak sederhana.

2- Hilangkan Border dan Grid Tabel

Tips kedua untuk menyederhanakan Tampilan Tabel Powerpoint adalah menghapus garis tepi tabel (border) dan garis kolom-baris (grid). Border dan grid membuat tabel terkesan penuh dan sesak. Menghilangkan border dan grid membuat tampilan tabel kian luas.

3- Ratakan Konten Teks ke Kiri

Untuk konten tabel yang berupa teks atau kalimat, alangkah bijaknya jika kita ratakan ke kiri. Meratakan konten teks membuat tabel terkesan rapi dan profesional.

4- Ratakan Konten Angka ke Kanan

Sedangkan untuk konten tabel berupa angka, alangkah baiknya Anda ratakan ke arah kanan. Mengapa? Meratakan angka ke kanan akan memudahkan audiens membaca jumlah angka dan membandingkan masing-masing angka pada baris dan kolom.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment