Menyederhanakan Kalimat Slide Presentasi

Pelatihan Infografis, Videografis & Visualisasi Data, CP: 0857 3333 0407.

Menyederhanakan Kalimat Slide Presentasi

Dalam presentasi, seringkali kita melihat kalimat yang tampil di slide-nya panjang dan berlimpah. Kemungkinan besar sang presenter tidak menyederhanakan kalimat slide presentasi. Kalimatnya diambil begitu saja dari sumber, lalu di copy-paste kan ke dalam slide. Ini membuat tampilan slide terlihat penuh dan membuat audiens kurang tertarik membaca isi slide presentasinya. Atau malah sebaliknya, membuat audiens hanya terpaku pada konten slide, dan mengabaikan presenter.

Supaya hal ini tidak terjadi, maka sebenarnya kita wajib menyederhanakan kalimat slide presentasi. Mengapa? Pertama, karena tidak semua audiens membutuhkan seluruh rangkaian kalimat yang kita tampilkan. Sebagian besar malah hanya memerlukan kata kunci dan simpulan slide presentasi Anda. Kedua, visualisasi slide sangat tergantung dari jumlah kalimat yang ada di dalamnya. Ketertarikan audiens untuk memahami slide presentasi Anda dimulai dari jumlah teks yang terpampang. Semakin sedikit teksnya, semakin visual slide Anda.

Nah, di artikel ini saya akan menjelaskan teknik menyederhanakan kalimat slide presentasi. Ini sering ditanyakan oleh para peserta workshop infografis yang diadakan di berbagai BUMN, corporate maupun kementerian. Oya, Anda pun bisa mengundang kami untuk memberikan workshop infografis dengan menghubungi Bu Isti 0857 3333 0407. Oke, untuk menjawabnya, ini teknik menyederhakan kalimat slide presentasi:

1- Baca Resource secara Utuh

Untuk menyederhanakan kalimat slide presentasi kita wajib membaca resource secara utuh. Hal ini menghindarkan kita dari simpulan yang keliru. Selain itu, dengan mambaca secara utuh kita bisa memutuskan apakah kalimat tersebut perlu disederhanakan atau tidak. Karena tidak semua kalimat harus disederhanakan, misal: Undang-undang, isi Kitab Suci, wajib ditampilkan apa adanya, tanpa reduksi.

2- Reduksi Kalimat sesuai EYD

Dalam menyederhanakan kalimat slide presentasi Anda juga perlu memperhatikan EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Sebagai contoh, kalimat “Silahkan Masuk.” adalah kalimat yang tidak baku. Yang benar adalah “Silakan Masuk.” Reduksi kalimat dengan EYD membuat pesan slide presentasi Anda lebih efektif.

3- Sistematis-kan Kalimat Anda

Kalimat yang efektif terdiri dari beberapa urutan komponen, minimal Subyek-Predikat-Obyek. Bisa juga kalimat tersebut ditambahkan pelengkap maupun keterangan. Sebagai contoh, “Budi sedang masuk ke dalam ruangan Direktur.”, kalimat ini tampak baik-baik saja, padahal kita bisa mereduksi kata “ke dalam” untuk membuatnya lebih efektif, menjadi “Budi masuk ke ruang Direktur”.

4- Kurangi Kata-kata “Boros”

Kata-kata “boros” adalah kata yang ketika dihilangkan dari sebuah kalimat tidak mengurangi makna, bahkan jauh lebih hemat. Salah satu contoh kata boros adalah menempatkan kata hubung seperti “Dan”, “Dengan” atau “Demikian” di depan kalimat. Sebagai contoh, “Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa sampah plastik berbahaya.” Kita bisa reduksi menjadi, “Kesimpulannya, sampah plastik berbahaya”.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment