Memilih Ikon untuk Infografis

Pelatihan Infografis, Videografis & Visualisasi Data, CP: 0857 3333 0407.

Memilih Ikon untuk Infografis

Dalam penyusunan infografis, salah satu unsur visual yang seringkali muncul adalah ikon. Ikon adalah bentuk miniatur dari sebuah gambar. Ikon juga merupakan bentuk visual dari logo, simbol atau lambang. Ikon mampu menggantukan bullet point dengan sempurna. Sehingga bukan hanya menambahkan tampilan visual jadi lebih menarik, tapi juga menghilangkan kesan membosankan yang selama ini muncul akibat keberadaan bullet point.

Salah satu kunci keberhasilan ikon dalam menggantikan bullet point dalam presentasi adalah konsistensi dalam tampilan, bentuk maupun ukuran. Konsistensi ini menjadi kunci, mampu diterimanya ikon sebagai pengganti poin-poin penting dalam sebuah artikel. Konsistensi ini pula yang membuat ikon ada di interface smartphone Anda. Bentuk ikon yang minimalis namun memiliki makna yang konkrit bisa diterima oleh hampir semua orang di dunia. Berikut adalah contoh tampilan ikon pengaturan smartphone android yang sangat mudah untuk dimengerti dan digunakan:

Lalu bagaimana untuk presentasi dan infografis? Nah, di artikel ini saya akan menyampaikan tips memilih ikon untuk infografis. Bagaimana menyeleksi, menantukan ikon yang tepat hingga memadu-padankan ikon dengan infografis Anda. Tips ini saya susun berdasar artikel yang saya peroleh dari Piktochart, software visualisasi  infografis online yang sudah membantu jutaan orang menyusun infografis memukau. Apa saja tips memilih ikon untuk infografis tersebut? Berikut penjelasannya:

1- Pilih Satu jenis Ikon dan Konsisten-lah

Seperti yang saya sebut sebelumnya, Salah satu tips memilih ikon untuk infografis adalah konsistensi. Ya, pilihlah satu jenis ikon sebagai bagian dari infografis atau presentasi Anda. Bisa hitam putih, ataupun berwarna. Bisa dengan outline, maupun tanpa outline. Bisa dengan shape di sekelilingnya, ataupuan tanpa shape. Setelah Anda memilih salah satu jenis ikon, maka teruslah konsisten menggunakan ikon dengan jenis yang sama.

Gambar di bawah menunjukkan ikon yang konsisten baik dari bentuk, ukuran maupun warna. Sedangkan ikon yang di sebelah kanan terlalu variatif, ada yang memiliki outline, ada yang tidak. Ada yang memiliki wajah, ada pula yang hanya siluet wajah semata. Pilih ikon yang konsisten mulai dari awal hingga akhir supaya audiens tidak terdistraksi dengan visual Anda.

2- Sesuaikan Ikon dengan Tema & Font Infografis Anda

Jika Anda menyusun infografis dengan tema yang serius, seperti hukum, pemerintahan, politik hingga agama, maka pilihlah ikon yang sesuai. Hindari ikon yang terlalu fancy atau lucu. Sebaliknya, jika infografis atau presentasi Anda tentang hal-hal kekinian, seperti kuliner, budaya pop, hingga tips-tips ringan, maka tidak masalah menggunakan ikon yang unik.

Jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang ikon, penggunaan dan cara pembuatannya, Anda bisa mengikuti Workshop Infografis bersama saya dan tim Kreasi Presentasi. Kami telah membantu 300-an corporate untuk meningkatkan visualisasi presentasi mereka. Silakan hubungi Bu Isti di 0857 3333 0407.

Ok, kita sambung kembali artikel ini. Oya, selain tema infografis, jenis font juga sangat berpengaruh terhadap pemilihan ikon. Font yang serius seperti Times New Roman, perlu ikon yang serius juga. Sedang font yang unik seperti Comic Sans, bisa menggunakan ikon yang unik pula. Berikut, merupakan contoh bagaimana kita memilih ikon untuk infografis.

3- Sesuaikan Warna Ikon dengan Template Warna Infografis

Bagi Anda yang pernah menyusun infografis, tentu memahami bahwa template warna merupakan salah satu unsur penting. Template warna sangat berpengaruh terhadap gambar yang ada di dalam infografis, ikon salah satunya. Oleh karena itu dalam memilih ikon untuk infografis, sesuaikan warna ikon dengan template warna infografis Anda. Untuk memilih warna dengan cepat, Anda bisa membaca dengan singkat artikel saya sebelumnya yaitu “Tips Cepat Memilih Warna Infografis”.

Berikut adalah contoh penyesuaian template warna infografis dalam ikon:

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment