Membuat Peta Editable di Powerpoint

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Membuat Peta Editable di Powerpoint

Bagi Anda yang sering presentasi menggunakan visualisasi data, kadangkala kita ingin membuat tampilan grafik yang berbeda dari biasanya. Misal kita ingin menunjukkan sebaran hasil penjualan produk A di berbagai provinsi di Indonesia, alih-alih menggunakan grafik batang, kita bisa menggunakan grafik peta untuk membuatnya lebih realistis dan mudah dipahami. Grafik peta atau map chart ini tersedia di Microsoft Office versi 2019 atau yang lebih anyar, bisa langsung ditampilkan dengan mudah, berdasarkan provinsinya. Grafik peta ini juga langsung terhubung di Microsoft Excel, sehingga langsung bisa diedit berdasarkan nilainya masing-masing. Ini adalah contohnya:

Nah, penasaran kan? Untuk bisa membuat peta editable di Powerpoint, Anda bisa membaca artikel ini hingga akhir. Oya, saya juga mengikutsertakan video tutorialnya di bagian akhir artikel ini. Yuk disimak sama-sama teknik membuat peta editable di Powerpoint:

1- Pilih Grafik Peta-nya dulu

Untuk bisa membuat peta editable di Powerpoint, langkah pertama yang kita lakukan adalah membuka software Powerpoint, lalu masukkan grafik peta ke dalam slide-nya. Dengan cara klik “Insert”, lalu pilih “Chart” dan pilih saja “Map Chart” kemudian klik “OK”. Maka secara otomatis, window mini Excel muncul dan peta yang divisualkan juga muncul. Syaratnya, komputer Anda wajib terkoneksi dengan internet sehingga peta Anda bisa langsung up to date berdasar nilai yang dimiliki.

2- Hapus Negara yang Tidak Diperlukan

Setelah Anda memilih grafik peta, maka di slide presentasi akan langsung terpampang peta dunia. Tidak lupa, tersedia juga mini Excel yang berisi nama negara serta nilai dari masing-masing negara yang jumlahnya terlihat jelas dengan gradasi warnanya. Setelah peta dan mini excel muncul, maka silakan hapus nama negara yang ada di mini Excel tersebut sekaligus nilainya. Oya, untuk ini komputer Anda perlu terhubung secara online dengan internet, karena peta yang tersedia di Powerpoint tersebut langsung terhubung dengan Bing.com.

3- Ganti dengan “Indonesia”

Setelah Anda hapus nama-nama negara tersebut, di bagian kolom yang sama, silakan Anda ganti salah satu nama negara dengan Indonesia, sekaligus dengan nilainya. Maka secara otomatis, peta Indonesia akan terwarnai sesuai dengan nilai yang Anda masukkan. Jika disisakan hanya nama “Indonesia” dan nilainya di Excel, maka hanya peta Indonesia saja-lah yang terlihat di slide Powerpoint, seperti gambar berikut.

4- Tambahkan Nama-nama Provinsinya

Langkah terakhir untuk membuat peta editable di Powerpoint adalah memasukkan nama-nama Provinsi di Indonesia, sekaligus nilai-nilainya. Maka, secara otomatis peta Indonesia akan terwarnai perdasarkan Provinsi. Oya, yang perlu dicatat disini adalah, saat menuliskan nama Provinsi, tulis dengan lengkap dan jangan disingkat. Misal, Provinsi Sumatera Selatan, maka tulis di Excel Anda “Sumatera Selatan”. Jangan sekali-kali menuliskan Sumsel, karena jika demikian nama tersebut tidak akan bisa diindeks di peta Anda.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment