Membuat Infografis dalam 2 Menit

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Membuat Infografis dalam 2 Menit

Jika selama ini Anda mungkin membutuhkan waktu yang relatif panjang dalam pembuatan infografis, ternyata kita sebenarnya bisa membuat infografis dalam 2 menit. Tentu saja, hal ini membutuhkan latihan berulang sehingga Anda tidak lama dalam penggunaan software pembuat infografis seperti Powerpoint. Selain itu diperlukan konten infografis yang sudah siap untuk dimasukkan ke dalam slide presentasi, sehingga Anda tidak memerlukan waktu panjang untuk membuat infografis.

Konten tersebut bisa berupa proses sesuatu, manfaat sesuatu, tips-tips maupun langkah-langkah melakukan sesuatu. Nah, dalam artikel membuat infografis dalm 2 menit ini, saya akan menunjukkan step by step-nya. Apa saja? Silakan baca artikel ini hingga tuntas ya…

1- Memilih Visualisasi Infografis Foto & Letaknya (30 Detik)

Langkah pertama untuk membuat infografis dalam 2 menit adalah menentukan tampilan infografis Anda, dimana letak gambar dan kontennya. Anda bisa menempatkan gambar di sisi kanan maupun kiri, dan menambahkan konten di sisi sebaliknya. Anda juga bisa menempatkan foto atau gambar di tengah slide Anda. Kemudian Anda tinggal menempatkan teks di kanan kiri gambar tersebut.

Hal ini tergantung jumlah kontennya. Jika jumlah konten infografis Anda banyak, saran saya tempatkan foto di tengah dan teks di kanan-kirinya. Hal ini memudahkan audiens untuk membaca konten sekaligus menghindarkan kesan padatnya slide oleh konten infografis.

2- Menempatkan Image dan Konten (30 Detik)

Langkah selanjutnya adalah menempatkan gambar dan teks di slide Powerpoint Anda. Anda bisa memilih beragam jenis gambar. Bisa dalam bentuk foto, clipart maupun vektor. Yang pasti, gunakan gambar yang sesuai dengan konten infografis. Misal, jika Anda membuat infografis tentang virus korona, maka pilih gambar staf kesehatan atau penyuntikan vaksin. Jika Anda membuat infografis tentang finansial, maka Anda bisa memilih gambar uang atau bank.

Gunakan image yang berhubungan dengan konten sehingga infografis Anda menyatu antara isi dan gambarnya. Demikian pula dalam infografis di bawah ini, saya menggunakan gambar hacker untuk menggambarkan pengambilan data secara ilegal.

3- Menambahkan Ikon atau Unsur Visual Lain (30 Detik)

Langkah berikutnya untuk membuat infografis dalam 2 menit adalah menambahkan unsur visual lainnya, seperti ikon ataupun shapes yang membuat infografis Anda kian visual. Jika Anda menggunakan ikon, maka pilih ikon yang sesuai dengan kata kunci konten Anda. Misal, jika kata kuncinya adalah “Perlindungan Data” maka anda bisa menggunakan ikon “shield” atau perisai. Jika kata kuncinya adalah karir, maka Anda bisa menggunakan ikon “pekerja dengan grafik kenaikan kinerja”.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment