Membuat eBook dengan Powerpoint

Pelatihan Infografis, Videografis & Visualisasi Data, CP: 0857 3333 0407.

Membuat eBook dengan Powerpoint

Selama ini kita mengenal Powerpoint sebagai software yang digunakan untuk presentasi. Akan tetapi sebenarnya software Powerpoint memiliki banyak kelebihan lain. Salah satunya adalah kita bisa membuat ebook dengan Powerpoint. Apa itu ebook? Ebook atau electronic book adalah versi digital dari sebuah buku cetak. Artinya ebook masih memiliki wujud, tampilan visual dan bentuk layaknya buku sesungguhnya, namun berbentuk digital atau file.

Kita bisa membaca ebook, baik dengan komputer, tablet maupun smartphone. Dimanapun dan kapanpun. Salah satu kelebihan ebook adalah dalam satu gadget, smartphone misalnya, kita bisa menyimpan ribuan ebook. Tanpa merasa berat atau kesulitan dalam membawanya. Nah, bagaimana teknik membuat ebook dengan Powerpoint? Berikut adalah 4 langkah sederhana cara penyusunan ebook dengan Powerpoint:

1- Mengatur Ukuran eBook

Seperti halnya saat kita mengetik naskah di Microsoft Word, kita juga perlu mengatur ukuran lembaran buku ebook di Powerpoint. Cara pengaturannya adalah dengan menggunakan tombol “Slide Size” di Powerpoint. Anda bisa menemukannya di ribbon “Design”.

Setelah itu, Anda tinggal mengganti angka dari ukuran tersebut secara manual, sesuai dengan ukuran ebook yang Anda kehendaki. Ada beberapa ukuran ebook yang umum dipakai, diantaranya 20,8 x 33,3 inchi. Untuk ukuran ebook di Kindle sekitar 22,2 x 35,6 inchi. Ukuran yang lain Anda bisa lihat dengan menggunakan panduan di bawah ini:

2- Mengatur Layout eBook

Hal yang kedua yang perlu Anda lakukan adalah mengatur layout ebook di tiap slide Powerpoint. Pengaturan layout eBook bisa menggunakan grid ataupun guides yang sudah disediakan oleh Powerpoint. Grid dan Guides berada di ribbon “View”. Setelah mengklik ribbon tersebut, Anda tinggal menambahkan centang di grid atau guides Anda.

Grid dan guides sangat membantu dalam penempatan teks dan gambar dalam ebook Anda. Anda bisa mengatur area mana yang digunakan untuk gambar dan area mana yang dipakai untuk tulisan. Berikut adalah salah satu contohnya.

3- Menempatkan Teks dan Gambar

Setelah kita mengatur grid dan guides untuk penempatan teks dan gambar, saatnya mengikuti aturan grid dan guides tersebut untuk penempatan obyek. Ada 3 hal yang harus Anda perhatikan dalam penempatan teks dan gambar ebook, yaitu:

a- Konsistensi warna ebook. Yes, warna ebook Anda wajib konsisten dari awal hingga akhir. Pengaturan warna yang tepat akan membuat ebook Anda nyaman untuk dilihat dalam waktu lama.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment