Membuat Double Exposure Powerpoint dalam 20 Detik

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Membuat Double Exposure Powerpoint dalam 20 Detik

Salah satu teknik memodifikasi gambar di Powerpoint adalah double exposure. Teknik ini menggabungkan dua atau lebih gambar dalam satu tampilan sehingga tampak memiliki bentuk visual yang  lebih eyecatching. Awalnya teknik ini banyak dibuat dengan menggunakan software seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Namun sekarang, dengan fitur Powerpoint terkini, Anda pun bisa membuat tampilan double exposure dengan mudah di Microsoft office Powerpoint. Ini adalah contoh tampilannya.

Meski demikian, durasi pembuatan double exposure dalam pembuatan slide presentasi selama ini cukup lama. Bahkan seringkali menghabiskan waktu penyusunan materi, hanya untuk memodifikasi gambar. Seperti yang saya pernah contohkan di Youtube, durasi pembuatan double exposure di Powerpoint untuk satu tampilan slide, antara 5 hingga 10 menit. Jika 1 slide 5 menit, maka 10 slide kita memerlukan waktu paling cepat 50 menit. Tentu saja ini tidaklah ideal. Apalagi jika Anda perlu segera menampilkan materi presentasi di meeting yang mendesak.

Oleh karena itu perlu teknik cepat untuk membuat double exposure dalam waktu singkat. Tidak sampai satu menit. Bila perlu kita bisa membuat double exposure powerpoint dalam 20 detik. Tidak perlu lagi tahapan menjadikan gambar sebagai PNG, mengubahnya menjadi SVG, memasukkan gambar di dalamnya, hingga memodifikasi latar belakang Powerpoint Anda. Tentu saja, teknik membuat double exposure Powerpoint dalam 20 detik ini memerlukan beberapa syarat tampilan image dan Powerpoint minimal 2013. Berikut adalah langkah membuat double exposure Powerpoint dalam 20 detik:

1- SIAPKAN GAMBAR PNG (3 DETIK)

Langkah pertama membuat double exposure Powerpoint dalam 20 detik adalah menyiapkan gambar PNG. Tampilan PNG adalah bentuk visual gambar yang tampak transparan karena tidak memiliki latar belakang. Insert-kan gambar PNG ini ke dalam slide Anda. Gambar PNG ini bisa Anda search dengan googling ataupun bisa Anda siapkan dengan menghapus dulu latar belakang gambar aslinya. Salah satu website yang menyediakan layanan ini adalah Remove.bg.

2- BERI FREEFORM DI SEKITAR GAMBAR (5 DETIK)

Setelah gambar PNG masuk ke dalam slide, segera insert-kan shapes berbentuk freeform di sekeliling gambar PNG tersebut. Usahakan freeform shape yang Anda gambar membentuk kurva tertutup sempurna, sehingga berwarna seperti tampilan di atas. Sisakan area gambar PNG yang menonjol seperti kepala dan separuh badan sehingga tampilan double exposure Anda nanti terlihat artistik.

3- MASUKKAN GAMBAR DOUBLE (3 DETIK)

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment