BLOG

Membesarkan Tim

Untuk meraih sukses seseorang tidak mampu melakukannya sendirian, paling tidak dia memerlukan orang-orang di sekitarnya. Kesuksesan itu kian cepat jika orang di sekelilingnya memiliki visi dan misi yang sama dengannya, mau bersusah payah dan rela berkorban. Orang-orang di sekeliling itu disebut tim, dan membangun tim mutlak diperlukan jika ingin kita lebih cepat meraih target.

Masalahnya, membangun tim itu tidak mudah, apalagi membesarkan tim. Pertama, seseorang harus mampu meyakinkan calon tim-nya bahwa ide yang dia miliki sangat berharga. Ide tersebut bisa membantu orang banyak, menjanjikan dan menguntungkan. Apakah dari sini selesai? Belum.

Kedua, dia harus mampu meyakinkan calon tim-nya untuk mau bergerak bersama, bersusah payah bersama, membesarkan ide itu sama-sama. Tahap kedua ini jauh lebih susah dari tahap pertama. Apa setelah tahap kedua selesai? Lagi-lagi belum. Memasuki tahap ketiga dan paling krusial adalah mempertahankan kesolidan tim. Disini perlu dibangun loyalitas yang tinggi dan rasa tak putus asa. Ini tentu lebih sulit dari tahap kedua. Akan tetapi, jika tahap ketiga ini mampu dijaga dengan baik, sebuah tim akan lebih cepat melesat, menembus berbagai penghalang, menanjaki berbagai gunung impian. Mampu meyakinkan, mau berjuang bersama dan mempertahankan loyalitas, tiga tahap ini disebut dengan membesarkan tim.

Saya yakin, siapapun yang sedang membangun kesuksesan baik bisnis maupun karir perlu melakukan hal ini. Demikian juga saya. Lebih dari 6 tahun saya mencoba untuk membesarkan tim yang tergabung dalam Kreasi Presentasi. Diawali dengan meyakinkan mereka bahwa media presentasi yang memukau diperlukan oleh tiap presenter, dan untuk meraihnya dibutuhkan pelatihan media presentasi.

Dilanjutkan dengan membangun brand, Amazing Slide yang sampai sekarang dikenal dengan buku referensi slide presentasi terlengkap di Indonesia dan pelatihan slide presentasi profesional terbaik di negeri ini. Alhamdulillah. Saya pun terus berusaha mengembangkan diri dengan belajar langsung ke negeri sakura, membuat pelatihan slide presentasi di Nagoya hingga masuk ke berbagai corporate di seluruh Indonesia.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment