Manfaat Infografis dalam Presentasi

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data dengan Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Manfaat Infografis dalam Presentasi

Hingga saat ini, sejumlah peserta Workshop Infografis yang kami selenggarakan seringkali bertanya apa manfaat infografis dalam presentasi? Sejauh mana benefit infografis dalam memperjelas pesan presentasi? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan mencoba mengupas dulu apa makna infografis.

Secara harfiah, infografis terdiri dari dua kata, yaitu “informasi” dan “grafis”. Informasi bermakna data, ilmu pengetahuan atau sesuatu yang kita jadikan rujukan asal memiliki referensi. Sedangkan grafis berarti gambar. Jadi secara harfiah, infografis artinya informasi yang berbentuk gambar. Akan tetapi dalam buku “Cool Infographics” Randy Krum mengatakan, jika informasi yang berupa gambar saja tidak memiliki makna apapun jika tidak ditempatkan pada tempat yang tepat. Misal kita meletakkan simbol “toilet” di kursi, maka simbol tersebut tidak memiliki arti. Simbol itu hanya akan dianggap sebagai gambar biasa saja. Artinya, infografis akan sangat bermakna jika kita menyatukan gambar dengan pesan dan tempat yang tepat. Nah, presentasi adalah salah satu momen terbaik penggunaan infografis.

Lalu apa manfaat infografis dalam presentasi? Slidesgo merangkum sejumlah keuntungan saat kita menggunakan infografis dalam presentasi, diantaranya adalah:

1- Memudahkan Transfer Informasi

Sifat visual dari infografis memudahkan presenter untuk mentransfer informasi pada audiens. Seperti yang kita tahu, manusia adalah makhluk visual. Sebagian besar informasi dikirim ke otak manusia dalam wujud visual. Menampilkan infografis sebagai bagian dari presentasi, artinya memudahkan otak manusia mencerna informasi yang ada, sehingga pemahaman audiens jauh lebih baik dibanding transfer informasi hanya dengan teks.

2- Menyederhanakan Informasi

Dalam buku Presentation Zen, Garr Reynolds menyebutkan bahwa, jika ingin menjelaskan konsep gunakanlah diagram. Bentuk visual dari diagram sangat membantu audiens dalam memahami proses, langkah-langkah, kronologi, timeline dan sebagainya. Infografis memudahkan presenter menjelaskan konsep dengan pola diagram yang selama ini menjadi ciri khas infografis. Apalagi jenis-jenis diagram yang unik, sangat eyecatching bagi audiens dalam mengingat pesan dalam jangka waktu yang lama.

3- Membantu Audiens untuk Fokus

Slidesgo menyebutkan ada sebuah riset yang menyimpulkan bahwa satu slide yang menarik, sederhana dan eyecatching yang dipadukan dengan pembelajaran jauh lebih baik daripada 50 lembar text book yang dibaca apa adanya. Manfaatkan keunggulan infografis ini untuk membantu audiens dalam fokus di presentasi yang Anda sampaikan.

4- Membuat Presentasi Well Prepared

Dalam infografis dikenal istilah ikon untuk gambar-gambar miniatur yang bisa mewakili logo, simbol ataupun lambang tertentu. Banyak negara yang menganggap ikon adalah bentuk visual yang universal, simpel namun bisa dipahami oleh siapapun. Keberadaan ikon dalam infografis memberikan kesan presentasi Anda well prepared untuk disampaikan dimanapun dan kapanpun.

5- Cocok untuk berbagai Jenis Presentasi

Dan yang terakhir, manfaat infografis untuk presentasi adalah kita tidak lagi bingung menentukan tema apa untuk desain slide presentasi yang ingin kita gunakan. Dengan menggunakan infografis, berbagai jenis presentasi bisa di cover dengan baik. Jika Anda sebagai pelajar, infografis menunjukkan kematangan dan keseriusan Anda dalam menampilkan ide. Bila Anda sebagai guru, infografis memudahkan murid Anda untuk mengingat pesan yang ingin disampaikan. Bila Anda seorang peneliti, infografis membantu menyederhanakan data Anda sehingga mudah dipahami. Bila Anda seorang pembicara, infografis mengesankan presentasi Anda sederhana namun tetap profesional.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment