Manfaat Dashboard Data

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Manfaat Dashboard Data

Istilah dashboard sudah tidak asing bagi kita semua. Dalam kehidupan sehari-hari, istilah dashboard melekat pada dashboard mobil. Dashboard mobil dapat memberikan informasi real time tentang kecepatan mobil, volume bahan bakar, RPM, dan indikator terkait mesin lainnya. Demikian pula, pada dasboard data. Adanya dashboard data, kita bisa mengetahui informasi real time dari data mentah atau data yang sudah diolah, sehingga mempermudah audiens untuk membacanya. Biasanya dashboard data menampilkan sesuatu yang sangat penting, seperti memberikan informasi tentang penjualan historis perusahaan, indikator kinerja utama (KPI), pertumbuhan penjualan, indikator operasional, dan umpan balik pelanggan. Informasi ini disajikan dengan cara yang tepat sehingga manajer atau eksekutif dapat memahami situasi dan membuat keputusan yang tepat.

Workshop Amazing Data Presentation adalah Pelatihan Analisa dan visualisasi data dengan 2 software Business Intelligence yaitu Microsoft Excel dan Tableau yang bisa menjadi solusi Anda untuk mempelajari tata cara pembuatan dashboard yang menarik dan mudah dipahami. Sehingga, kemudahan akses data dapat Anda dapatkan melalui dashboard ini.

Ada ratusan bagian yang bergerak dalam bisnis, dan dashboard meringkas kejadian-kejadian tersebut ke dalam visualisasi data waktu nyata yang mudah dipahami. Visualisasi dan bagan ini dapat digunakan untuk membuat keputusan yang cepat dan efektif. So, berikut kami paparkan manfaat dashboard data:

Manfaat Dashboard Data

1- Segi Kegunaan

Sebuah perusahaan bisa menghasilkan gigabyte data mentah setiap hari. Memahami data tersebut dapat membantu perusahaan menciptakan nilai dari data tersebut dan membuat keputusan yang lebih baik. Oleh sebab itu, Anda perlu dashboard data untuk memahaminya lebih cepat. Dashboard data menampilkan beberapa data dalam satu tampilan, dan mengubah data mentah menjadi informasi yang berharga.

(sumber : pixabay)

2- Akses ke data

Salah satu manfaat penting dashboard data, yaitu kecepatannya dalam menampilkan data. Informasi yang ditampilkan dalam satu layar dashboard, biasanya ada berbagai macam. Jadi, hanya dengan satu klik pada layar dashboard Anda bisa mengakses informasi lain. Karna dashboard dirancang untuk memiliki akses ke berbagai sumber data guna memberikan laporan terperinci tentang cara kerja perusahaan.

(sumber : pixabay)

3- Pengambilan keputusan

Ketika keberadaan data mudah dipahami, maka pengambilan keputusan pun akan cepat. Oleh karena itu, pimpinan perusahaan sangat terbantu dengan adanya dashboard data. Manajer atau eksekutif dapat melihat kejanggalan, meramalkan penjualan, dan meninjau data historis untuk menghasilkan strategi bisnis. Dimana informasi tersebut tersedia dalam bentuk visual yang interaktif, sehingga kita dapat menyelami data historis atau menyaring parameter-parameter penting.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment