Langkah Belajar Data Skill bagi Pemula

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Langkah Belajar Data Skill bagi Pemula

Mempelajari keterampilan data dapat membuka banyak peluang di era data ini, salah satunya dengan mengikuti Workshop Amazing Data Presentation untuk upgrade skill Anda di bidang data. Pelatihan Analisa dan visualisasi data ini menggunakan 2 software Business Intelligence yaitu Microsoft Excel dan Tableau. Kami juga menyediakan Buku Amazing Data Presentation yang dapat Anda jadikan bahan belajar data, dengan bahasa ringan dan mudah dipahami. So, kursus dan buku bisa menjadi best combo manifesting untuk meningkatkan skill data Anda.

Lalu, apa saja langkah yang bisa dilakukan ketika kita ingin belajar data tapi kita belum terlalu expert di bidang tersebut? Langsung saja kami paparkan panduan langkah demi langkah bagi pemula untuk memperoleh keterampilan data.

Langkah Belajar Data Skill bagi Pemula

1- Pahami Dasar-dasarnya

Belajar hal baru memang menyenangkan, namun bisa juga menjadi tantangan yang menyulitkan apabila tidak mengerti akan materi yang dibahas. Dalam memulai belajar data biasakan diri Anda dengan konsep-konsep dasar dalam ilmu data dan analitik, seperti tipe data, variabel, dan statistik dasar. Pelajari dasar-dasar bahasa pemrograman yang biasa digunakan dalam ilmu data, seperti Python, R dan Tableau. Jika Anda telah memahami dasar-dasar dari data, maka untuk melangkah ke tahap selanjutnya Anda akan lebih mudah.

2- Asah Keterampilan Excel Anda

Excel adalah alat yang ampuh untuk analisis data. Di excel akan terjadi analisis data dasar, jadi Anda perlu pelajari cara menggunakan fungsi, membuat bagan, dan melakukan tugas manipulasi data dasar di Excel. Tak lupa juga, Anda perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep statistik dasar, seperti rata-rata, median, modus, deviasi standar, dan pengujian hipotesis.

(sumber : pixabay)

3- Baca Buku dan Blog

Bacalah buku dan blog yang berhubungan dengan data science. Hal ini akan memperdalam pemahaman Anda tentang konsep dan membuat Anda selalu mendapatkan informasi terbaru tentang data yang lagi tren. Untuk referensi blog Anda bisa kunjungi Dhony Firmansyah, Tableau Data Visualization Blog, Flowing Data, Storyteling with Data.

(sumber : pixabay)

4- Praktik dengan Data Set Asli

Setelah mempelajari materi dasar tentang data, cobalah membuat projek mandiri dari sumber data asli yang tersedia di internet. Anda bisa mencarinya di situs katadata.com atau bisa menggunakan Dataset Search. Dengan begitu, kemampuan skill data Anda akan perlahan meningkat. So, Anda harus terus berlatih dan jangan takut untuk salah.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment