BLOG

Karakter Slide Presentasi (1)

Artikel yang saya tulis ini sebenarnya merupakan sebagian konten penyampaian event “Powerpoint Optimation”. Bagi Anda yang mengikuti event tersebut, atau untuk Anda yang ingin mendesain slide dengan canggih, tulisan berikut layak dijadikan referensi.
Nah, ketika Anda sedang mendesain slide presentasi, ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah karakter slide Anda. Apa itu karakter slide? Karakter slide merupakan wujud tampilan slide yang disesuaikan dengan audiens. Apakah itu bisnisman, marketing, anak-anak, remaja, khalayak umum, peneliti, komunitas pendidikan dan sebagainya.
Seorang presenter yang bijak, sebelum mendesain slide, terlebih dahulu harus mempunyai informasi sebanyak-banyaknya tentang audiens yang akan dihadapi. Miskinnya informasi tentang audiens, akan membuat presentasi Anda tidak tepat sasaran. Bahkan bertentangan dengan harapan mereka. Misalnya, audiens Anda adalah pegawai negeri, namun Anda malah memilih karakter slide yang cenderung kekanak-kanakan, maka presentasi Anda akan menjadi bahan gurauan dan tak ditanggapi dengan serius.
Dari riset kecil-kecilan yang saya lakukan, ada 5 macam karakter slide yang sering kita jumpai di saat presentasi:
1. Karakter slide abstrak
Karakter slide ini cenderung tidak mempunyai gambar latar belakang yang jelas. Seringkali hanya berupa vektor maupun siluet. Karakter slide abstrak lebih menekankan pada keindahan tulisan. Tak heran, jenis font karakter slide abstrak cenderung dekoratif dan “semau gue”. Slide abstrak, sangat cocok untuk audiens yang berjiwa muda, rindu kebebasan ekspresi, dan ingin mengekspresikan diri, seperti remaja, anak-anak SMA maupun mahasiswa. Beberapa jenis fonts abstrak diantaranya adalah Masterplan, Aspire dan Woodgrain.
2. Karakter slide klasik
Jika di hadapan Anda adalah orang-orang yang berusia lanjut, menyenangi barang-barang antik, mengagumi sejarah dan seni, maka slide berkarakter klasik sangat pas dijadikan tampilan. Slide berkarakter klasik seringkali menampilkan image berupa benda-benda kuno dan barang-barang bersejarah yang mampu membangkitkan memori masa lalu. Sejumlah font yang cocok dengan karakter slide klasik adalah Blackjack dan Heather.

Bersambung…

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment