Jenis dan Fungsi Grafik di Tableau

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Jenis dan Fungsi Grafik di Tableau

Tableau, sebagai salah satu software business intelligence (BI), saat ini mulai banyak dilirik untuk menganalisa, memvisualkan dan mempresentasikan data. Salah satu sebabnya adalah, Tableau mampu memvisualkan hingga 15 juta baris data meskipun menggunakan fitur Tableau yang gratis (Tableau Public). Selain itu, Tableau juga memiliki berbagai jenis visualisasi data grafik yang lengkap. Hal inilah yang menjadikan Tableau sebagai pilihan utama dalam visualisasi jutaan data.

Bagi Anda yang ingin mempelajari Tableau dan membuat visualisasi ribuan hingga jutaan data dengan dashboard interaktif, silakan mengikuti Workshop Amazing Data Presentation bersama saya dan tim Kreasi Presentasi. Silakan hubungi Bu Kuma 0857 3333 0407 untuk penawaran istimewa, atau klik gambar berikut untuk mendownload proposalnya:

Oke, kembali ke konten artikel. Disini saya akan bahas jenis dan fungsi grafik di Tableau, dengan harapan, Anda memahami mecam-macam grafik serta fungsinya saat menggunakan Tableau sebagai software visualisasi data. Nah, apa saja jenis dan fungsi grafik di Tableau tersebut? Oke, kita bahasa sama-sama:

1- Grafik Batang (Bar Chart)

Grafik batang adalah salah stau grafik yang paling banyak digunakan. Karena simpel, mudah dibaca dan mudah disimpulkan. Grafik batang umumnya dipakai untuk membandingkan antara satu nilai dengan nilai lain di dalam grafik.

2- Grafik Garis (Line Chart)

Grafik line atau grafik garis biasanya digunakan untuk data yang sifatnya kontinu. Misal hitungan tahun, bulan atau hari. Dengan menggunakan grafik line atau grafik garis, tren kenaikan atau penurunan data akan terlihat secara signifikan.

3- Grafik Lingkaran (Pie Chart)

Grafik lingkaran disebut juga pie chart ini khusus digunakan untuk data yang bentuknya prosentase. Satu hal yang perlu dicatat untuk menggunakan pie chart adalah, total data harus menunjukkan nilai 100%. Jika nilai total kurang atau lebih dari 100%, lebih baik Anda menggunakan grafik batang atau bar chart.

4- Grafik Peta (Map Chart)

Jika kita ingin menunjukkan nilai pada suatu wilayah tertentu, maka grafik peta adalah solusinya. Grafik peta bisa dengan mudah dibuat di Tableau dengan memasukkan 2 data, pertama adalah data nilai dan yang kedua adalah data geografis tempat atau daerah yang ingin diberi label.

5- Grafik Perencanaan (Gantt Chart)

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment