BLOG

Jangan Lupakan Berlian

Alkisah, ada seorang pemuda miskin yang menemukan berlian di tengah jalan. Saking gembiranya dia pergi ke sebuah toko perhiasan, dengan harapan berlian itu bisa dia jual dan memperoleh uang yang cukup untuk makan dan minum.

Sesampai di toko tersebut, sang penjual mengatakan, “Wow.., berlian ini luar biasa. Dimana kau menemukannya?” Sang pemuda menjawab, ” Di jalan.” Penjual kembali menjelaskan, “Sungguh, jika aku tukar seluruh isi tokoku ini dengan berlianmu, mereka tidak akan sepadan. Pergilah ke toko di seberang jalan. Toko mereka lebih besar dan isinya juga lebih banyak dan bernilai daripada milikku.” Wah, berlian ini benar-benar bernilai, kata sang pemuda dalam hati.

Sang pemuda menuruti kata-kata sang pemilik toko pertama. Dia pergi ke toko kedua dengan harapan berlian itu terbeli. Namun ternyata, jawaban dari pemilik toko kedua sama. “Tokoku terlalu kecil untuk ditukar dengan berlian milikmu. Coba kau cari toko lain.”

Tiga toko, empat toko, hingga dua puluh toko perhiasan telah dimasuki. Namun tak satupun pemilik toko mampu membeli berlian miliknya. Akhirnya sang pemuda pergi ke istana raja. Harapannya sama, supaya raja mau menukar berlian ini minimal dengan harta yang cukup untuk makan dan minum.

Sesampai di kerajaan, raja pun berkata, “Sesungguhnya berlianmu ini sangat berharga, seluruh kerajaan ini tak mampu membelinya. Tapi aku mau membuat penawaran bagimu, meski tidak sepadan. Kamu memiliki waktu 10 jam untuk mengambil apapun dari kerajaanku. Harta, makanan, minuman dan sebagainya. Terserah.” Mata sang pemuda pun berbinar. 10 jam waktu yang cukup lama. Dia membuat perencanaan, makan minum sepuasnya selama 1 jam, 9 jam selanjutnya dia akan mengambil harta kerajaan.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , ,

  • didi rudianto

    mantap ,i like it

    Reply

Post a comment