BLOG

Gagal It’s OK

Saya termasuk satu diantara banyak orang yang takut akan kegagalan. Bagi saya kegagalan adalah sesuatu yang menyeramkan. Di tempat kerja misalnya, bayangkan ketika Anda gagal memenuhi target perusahaan, lalu omset perusahaan menurun, hingga terjadi pemangkasan pegawai. Anda termasuk diantaranya. Jika Anda sudah berkeluarga, tentu ini sangat berpengaruh dalam hidup Anda.

Contoh lain adalah ketika kita kuliah. Semisal kita gagal dalam ujian akhir semester. Kita memperoleh nilai E. Yang artinya harus mengulang semester depan. Itu juga artinya kita harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar biaya SPP perpanjangan semester. Itu pun tidak menjamin kita berhasil di mata kuliah yang sama. Jika gagal lagi bagaimana?

Mindset ini lama terpendam di benak saya. Sebuah pola pikir yang kata orang tua saya kekanak-kanakan. Benarkah demikian? Mereka pun berkata, “Waktu akan mendewasakanmu.” Terus terang saya baru ngeh dengan kata-kata orang tua saya ketika ada rekan yang mengirim gambar via BBM. Ini gambarnya:

sukses dan gagal

Gambar via-BBM yang menyadarkan saya makna sukses dan gagal sebenarnya.

Inilah jawaban yang selama ini saya nanti. Bagi yang merasa gagal adalah akhir segalanya, coba silakan tanya orang-orang yang menurut Anda sudah sukses. Apa mereka tidak pernah gagal? Mereka pasti tersenyum dan salah satu jawaban yang paling masyur adalah, “Tidak ada istilah gagal, yang ada berhasil atau belajar lagi.” Kata “belajar lagi” berarti mereka saat itu gagal, namun mencoba untuk bangkit lagi. Mereka menjadikan gagal itu sebagai pengalaman dan pelajaran.

Gambar tadi juga menjawab, bahwa sukses adalah proses. Dan proses itu butuh waktu. Untuk menaklukkan waktu yang diperlukan adalah kesabaran.

Pak, saya pengen jadi dokter, tapi saya gagal tes kedokteran, bagaimana itu?” Hehe, saya dulu juga pernah jadi guru sekolah SD, SMP dan SMA, tapi gagal. Saya pernah jadi distributor majalah, juga gagal. Saya pernah jadi peneliti, dan itu pun belum berhasil. Akhirnya saya sekarang menjadi trainer. Saya mengalami kegagalan berkali-kali, namun apapun yang terjadi life must go on. Hidup harus terus berjalan, jika Anda tidak jadi dokter, lalu mau apa? Bunuh diri? Kan tetep tidak jadi dokter juga kan.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment