Faktor Memilih Alat Visualisasi Data

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Faktor Memilih Alat Visualisasi Data

Ilmu data adalah disiplin ilmu yang dinamis dan berkembang pesat, yang keberadaannya hampir bermunculan setiap hari. Dari sini, kita perlu menyiapkan software yang paling tepat yang membantu kita ketika berhubungan dengan data. Lalu, alat visualisasi yang seperti apakah yang sesuai dengan kebutuhan? Tentunya ada beberapa faktor yang harus selalu Anda pertimbangkan sebelum memilih alat visualisasi data. Cek selengkapnya di artikel berikut :

Faktor Memilih Alat Visualisasi Data

1- Kemudahan Penggunaan Alat Visualisasi

Kemudahan penggunaan dan kompleksitas alat visualisasi data sangat beragam. Umumnya, semakin banyak fitur dan kemampuan, semakin sulit kurva pembelajarannya. Alat visualisasi data yang lebih sederhana lebih cocok untuk pengguna non-teknis, yang dapat memulai dengan cepat, namun memiliki lebih banyak kendala dan keterbatasan.

(sumber : pixabay)

2- Fleksibilitas

Jika Anda ingin sepenuhnya mengendalikan setiap aspek kecil dari visualisasi Anda, Anda harus memilih alat dengan fleksibilitas yang luas, namun tingkat kesulitan yang dimiliki juga semakin tinggi. Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk membiasakan diri dengan alat ini, tetapi begitu Anda sudah terbiasa, Anda akan dapat menghasilkan visualisasi yang sangat luar biasa dan dapat disesuaikan. So, fleksibilitas ini penting untuk Anda pertimbangkan. Ingin memvisualkan data secara detail atau hanya secara umum, sehingga tools visualisasi dapat dipilih dengan jelas.

3- Jenis visualisasi

Alat visualisasi data dapat dikategorikan berdasarkan apakah alat tersebut berfokus pada plot atau dasbor independen. Kategori alat yang pertama (plot) dirancang untuk membuat satu visualisasi dalam satu waktu. Kategori kedua memperlakukan aplikasi atau dasbor sebagai unit dasar. Alat-alat seperti Power BI dan Tableau termasuk dalam kategori ini. Jenis visualisasi ini juga harus Anda pertimbangkan, sebelum memilih alat untuk memvisualkan data.

(sumber : pixabay)

4- Harga Alat Visualisasi

Faktor memilih alat visualisasi data terakhir yaitu harga. Harga adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih alat visualisasi data. Tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda, beberapa alat akan berfungsi lebih baik daripada yang lain asal sesuai dengan kebutuhannya. So, jangan selalu terpaku dengan harga tinggi untuk hasil yang maksimal.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment