BLOG

Resensi Buku Pakar Slide di Young On Top

Resensi buku pakar slide ini dimuat dalam Majalah Pendidikan Online Indonesia edisi Cetak, Juni 2013

Judul: 4 Cermin Flora, Rahasia Membangun Karakter Terbaik

Penulis: Dhony Firmansyah

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Cetakan: 1/September 2012

Tebal: xxiii + 196 halaman

ISBN: 978-979-22-8754-7

Harga: Rp. 55.000

Alam semesta merupakan universitas besar kehidupan, tempat manusia belajar nilai-nilai keutamaan. Salah satu fakultasnya ialah dunia tumbuh-tumbuan. Nah buku pakar slide, “4 Cermin Flora, Rahasia Membangun Karakter” ini mendokumentasikan pengamatan jeli Dhony Firmansyah.

Terkait kontribusi hidup manusia misalnya, ada tiga tanaman yang bisa menjadi sumber inspirasi. Pertama, manusia yang berkarya ibarat pohon pisang. Ia hanya berbuah sekali seumur hidup. Pasca berbuah, pohon pisang langsung mati.

Kedua, manusia yang berbuah ibarat pohon rambutan. Berbeda dengan pohon pisang, rambutan dapat berbuah berkali-kali. Usia pohon rambutan juga relatif panjang. Tapi ia hanya berbuah setahun sekali. Sebab rambutan termasuk kategori buah musiman.

Ketiga, manusia yang berbuah seperti pohon kelapa. Ia seolah tak mengenal musim. Nyiur terus berbuah sepanjang tahun. Selain itu, tidak seperti buah pisang dan rambutan yang baru bisa dikonsumsi tatkala sudah matang, kelapa – walau masih muda –  pun sudah berguna sebagai penawar racun dan nikmat sekali rasanya. Dalam konteks ini, manusia perlu belajar dari pohon kelapa, “Terus berbuah sepanjang waktu tanpa kenal batas usia (halaman 104).”

Pages: 1 2

TAGS > , , , , ,

Post a comment