BLOG

Apa Resolusi Anda?

Tahun 2011 akan segera berganti. Tahun 2012 pun datang menjelang. Hidup terus berjalan dan berubah. Demikian pula kita, seharusnya pun demikian. Tentu kita ingin tahun 2012 lebih baik daripada tahun 2011 dan juga tahun-tahun sebelumnya.

Untuk mewujudkan hal ini, seharusnya kita punya perencanaan dan persiapan untuk tahun 2012. Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah mempersiapkan diri untuk menentukan impian di tahun 2012 dan menjalani prosesnya?

Nah, ada beberapa catatan yang harus kita lihat kembali sebelum menentukan resolusi, impian, harapan maupun target di tahun 2012:

  1. Evaluasi. Einstein mengatakan, “Hanya orang gila yang menginginkan hasil yang berbeda, namun memakai cara-cara yang sama.” Bagi Anda yang menemukan jalan buntu dalam menjalani usaha, pekerjaan, membina rumah tangga maupun studi, coba Anda evaluasi. Apa kesalahan yang kita lakukan? Apa cara-cara kita sudah sesuai? Apa kita sudah berusaha optimal? Apakah kita kurang sabar? Tak ada salahnya jika Anda merenung sejenak di akhir tahun ini. Mencatat apa-apa yang menjadi penyebab melesetnya target di tahun yang lalu, dan mencoba memikirkan solusinya dengan cara yang berbeda.
  2. Planning. Perencanaan menjadikan tiap langkah kita teratur dan terarah. Umur kita singkat, jangan membuang waktu dengan melakukan uji coba yang belum direncanakan dengan baik. Dalam membina rumah tangga misalnya, tentu Anda harus memperhitungkan pengeluaran dan pemasukan. Bila pengeluaran lebih banyak dari pemasukan, hanya ada dua alternatif solusi, memperkecil pengeluaran atau memperbesar pemasukan. Saya menyarankan supaya Anda memperbesar pemasukan, dengan merakit jaringan usaha dan bisnis. Jangan ragu untuk berkenalan dengan orang-orang yang sukses dan belajar dari mereka. Lakukan ini semua secara terencana, sehingga target Anda untuk menambah pemasukan terpenuhi.
  3. Action. Fase terpenting dari kesuksesan dan tercapainya target adalah tindakan. Donald Trump mengatakan, “Banyak orang yang memiliki ide, namun mereka tidak mampu menjadikan ide itu bernilai. Akhirnya, mereka tidak bisa sukses.” Ini membuktikan evaluasi dan perencanaan saja tidak cukup untuk meraih apa yang kita inginkan. Dibutuhkan tindakan nyata. Aksi yang bukan hanya kata-kata. Setelah Anda menentukan resolusi / target / impian Anda di tahun 2012, maka beraksilah dengan perencanaan yang matang.

Sekarang, coba Anda evaluasi dan rencanakan apa resolusi Anda di tahun 2012? Setelah itu, coba breakdown target tahunan Anda menjadi target bulanan. Breakdown lagi menjadi target mingguan dan harian. Hal ini akan membuat setiap tindakan harian Anda tertata dan membawa resolusi 2012 menjadi kenyataan.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment