BLOG

Amazing Software untuk Presenter

Seperti yang diketahui bersama, sebagian besar orang mudah menerjemahkan informasi yang disajikan secara visual karena mudah ditangkap oleh indera penglihatan, yang kemudian ditransfer menuju otak. Seperti pendapat yang dikemukakan oleh Paul Arden :

“Semakin visual presentasi yang Anda bawakan, semakin banyak Audiens yang mengingatnya. Dan yang paling penting, mereka mengingat Anda”.

Hal tersebutlah yang kemudian menjadikan pekerjaan wajib bagi seorang presenter untuk mempelajari lebih dalam tentang penyajian informasi yang mudah diingat. Salah satu cara yang dapat diaplikasikan adalah dengan infografis. Untuk mempelajari lebih dalam tentang makna infografis, silakan simak tajuk Apa Itu Infografis. Nah, untuk mengoptimalkan infografis, tentunya ada amazing software untuk presenter yang perlu dipelajari lebih lanjut. Dalam buku Cool Infographics karya Randy Krum, ada 3 software yang diperlukan. Pertama, software grafis vektor. Software tersebut membuat gambar, shapes, dan latar belakang menjadi mudah untuk diperbesar, digeser, diputar, bahkan ditumpuk menjadi sebuah kesatuan yang diinginkan. Contoh software yang dapat dipakai adalah Adobe Illustrator, Inskscape, dan Corel Draw.
Kedua, software edit gambar. Software tersebut membuat gambar menjadi mudah untuk dimodifikasi, seperti mengatur kecerahan, memfokuskan bagian tertentu, menghapus gambar yang tidak diinginkan, bahkan mengubah warna gambar. Contoh software yang dapat dipakai adalah Adobe Photoshop, Photoscape, GIMP, dan Pixelmator. Ketiga, software pengolah visualisasi data. Agar lebih menarik, data yang tersaji dalam bentuk tabel dapat diubah menjadi grafik, diagram, dan circle chart. Terdapat 2 alternatif yang dapat digunakan, yakni menggunakan software online dan offline. Software online yang dapat dipakai adalah Chartle.net, Tableau.com, DIY Chart.com dan iCharts.net. Adapun software offline yang dapat dipakai adalah Microsoft Office Excel jika Anda menggunakan Windows, dan Number jika Anda menggunakan Macintosh.
Namun beberapa software di atas sebagian besar mudah diaplikasikan oleh seorang desainer grafis, namun tidak semua presenter mempunyai skill desain grafis. Jika belum terbiasa menggunakannya, maka Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mempelajari satu per satu. Memang tidak ada salahnya mempelajari masing-masing software walaupun nantinya akan menguras tenaga dan pikiran Anda. Namun sebenarnya terdapat sebuah cara yang solutif yang memenuhi kebutuhan Anda dalam membuat infografis. Cara tersebut bahkan telah memenuhi kriteria 3 jenis software yang telah disebutkan di atas. Kira-kira software apa yang menjadi amazing software untuk presenter ? Karena ini bukan kuis, maka akan dijelaskan pula jawaban dari pertanyaan tersebut. Sotfware tersebut sangat familiar bagi Anda, bahkan sejak sekolah dasar pun Anda telah mendalaminya. Ya, amazing software untuk presenter tersebut adalah Microsoft Office. Jika dipelajari lebih dalam, software tersebut ternyata amazing jika digunakan untuk membuat infografis.

Software grafis vektor dan editing gambar ternyata bisa digantikan dengan MS.Powerpoint, sedangkan software pengolah visualisasi data dapat digantikan dengan MS.Exel. Cara tersebut sangat efektif dan efisien karena dengan menginstall 1 software saja, 3 kebutuhan telah terpenuhi. Apalagi presentasi mereka biasanya disajikan dengan Powerpoint. Powerpoint itu pun digunakan lebih dari 80 % pengguna komputer di Indonesia, keistimewaan lain dari Powerpoint adalah insert audio dan video, setting ukuran bidang desain slide sesuai kebutuhan. Bahkan, Powerpoint terbaru dapat mengkonversi hasil slide ke ekstensi pdf, image, dan video.

Untuk pengguna OS Windows, Anda dapat mengaplikasikan Powerpoint untuk desain slide presentasi, sedangkan untuk pengguna Macintosh, jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Office for Mac, bisa juga menggunakan program Keynote untuk edit gambar dan vektor, dan Software Number untuk pengolah visualisasi data.

Nah, itulah amazing software untuk presenter yang kami rangkum dari buku Amazing Slide Infographic karya Dhony Firmansyah. Jika belum punya, silakan melengkapi koleksi buku Amazing Slide Series untuk membuat infografis yang elegan. Jika ingin praktek langsung, Kreasi Presentasi siap hadir untuk mengunjungi Anda kapan pun dan di mana pun. Untuk melakukan kerjasama, silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment