5 Tools Wajib Data Analytic

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

5 Tools Wajib Data Analytic

5 Tools Wajib Data Analytic. Di dunia digital saat ini, tanpa disadari setiap orang berurusan dengan data. Mulai dari postingan sederhana di Instagram, facebook, dan pencarian di google. Setiap klik yang kita lakukan, akan masuk di database dan menghasilkan informasi penting. Bagi pemilik kepentingan tertentu seperti pebisnis misalnya, informasi tersebut sangatlah berguna. Data tersebut bisa digunakan untuk melihat peluang pasar, informasi detail tentang konsumen dan masih banyak lagi. Namun untuk menyimpulkan datanya, diperlukan skill dan tools untuk mengolahnya. Apalagi bagi Anda yang tertarik menggeluti bidang analisis data, Anda perlu menguasi tools tersebut. Berikut kami jelaskan 5 tools wajib data analytic.

1- Microsoft Excel & Spreadseet

Microsoft excel atau spreadseet merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data dalam bentuk tabel dan formula. Sebagai starter, data analyst junior, Anda wajib menguasi aplikasi ini untuk mengasah critical thinking dan data preparation.

Kreasi Presentasi hadir dengan Workshop Amazing Data Presentation. Pelatihan yang memadukan 2 software Business Intelligence yaitu Microsoft Excel dan Tableau, untuk upgrade skill analisis Anda.

(sumber : freepik)

2- SQL

SQL atau Structured Query Language, adalah bahasa pemrograman dengan query sebagai perintah di database. Untuk mengolah data dalam skala yang lebih besar, Anda bisa menggunakan SQL ini. Namun di SQL ini tidak tidak bisa mengolah segala jenis file, karena keterbatasan pada pemrograman.

3- Phython

Untuk mengolah data ada banyak sekali tools yang tersedia, Anda bisa memilih dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Jika pada Microsoft excel dan SQL dalam pengolaan data dirasa kurang, Anda bisa menggunakan Python. Python merupakan alat pengolah data dalam jumlah besar dan dengan jenis file yang beragam. Namun python penggunaannya lebih sulit disbanding excel & SQL, karena menggunakan bahasa pemrograman atau syntax khusus.

4- Tableau

Setelah preparation data selesai, saatnya hasil divisualkan, salah satu alat visualisasi data yaitu tableau. Tableau adalah alat bantu visualisasi data dengan bentuk yang mudah dipahami. Drag & Drop merupakan fitur utama tableau, dimana pengguna dapat dengan mudah mendesain dasbor dan menyajikannya secara menarik. Tak hanya itu, tableau mampu memvisualkan ribuan hingga jutaan data (big data). Sangat powerful bukan?

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment