BLOG

5 Keuntungan Presentasi dengan Videografis

Gadget yang saat ini hampir dimiliki oleh setiap orang, telah mengubah cara manusia dalam memperoleh informasi. Sajian visual menjadi penentu awal akankah seseorang melanjutkan menikmati informasi atau tidak. Tentu gambar dinamis jauh lebih menarik dibanding tampilan statis. Motion infographic atau videografis saat ini telah menjadi tren penyajian informasi melalui berbagai media. Sebuah riset yang dilakukan oleh Level Beyond di tahun 2014 menyebutkan bahwa, lebih dari 40% audiens cenderung menyukai informasi dari sebuah brand dengan video daripada harus membacanya. Videografis layaknya sebuah presentasi memukau yang siap dinikmati oleh audiens. Nah, bagi Anda yang berkecimpung di dunia presentasi, mungkin sudah saatnya Anda mulai memikirkan bagaimana menyampaikan informasi melalaui videografis. Mengapa? Karena dunia terus berubah, sajian informasi pun berubah, jika kita tidak mengikutinya, bersiaplah untuk tergilas kemajuan zaman. Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut saya akan jelaskan 5 keuntungan presentasi dengan videografis, yang saya kutip dari sejumlah artikel dan buku terpercaya:

1- Videografis Menyentuh Emosi Audiens

Videografis bukan hanya menyajikan informasi secara tertulis yang harus dibaca satu demi satu, tapi juga memadukan informasi dengan gerak, musik, voice over, dan narasi yang menyatu. Yang menarik adalah, semua komponen tersebut bertujuan untuk menjelaskan satu konsep dalam videografis, artinya semua saling berkaitan dan mendukung. Hal ini mempengaruhi emosi audiens, dan kita tentu tahu bahwa pesan yang melibatkan emosi akan lebih diingat dan mudah diceritakan audiens pada orang lain. Berikut adalah contoh videografis tips sederhana menyusun presentasi:

2- Tidak Perlu ada Anda

Tips kedua dari 5 keuntungan presentasi dengan videografis adalah Anda tidak perlu ada untuk menyampaikan presentasi secara langsung. Anda tinggal merekam pesan yang ingin Anda sampaikan dan penyampaian tersebut bisa Anda ulang-ulang sesuai dengan keinginan Anda. Apalagi saat ini ada jejaring sosial yang memungkinkan Anda untuk mempublish video dan ditampilkan untuk umum, seperti Youtube, Metacafe ataupun Vimeo.

3- Videografis Memudahkan Pemahaman

Videografis yang optimal berdurasi sekitar 3 sampai 5 menit saja. Nah, jika pesan yang ingin Anda sampaikan lebih banyak dari durasi waktu tersebut, Anda harus memikirkan bagaimana caranya supaya inti pesan Anda tercapai dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu videografis mampu menyederhanakan pesan yang rumit menjadi simpel dan mudah dimengerti. Nah, berikut adalah contoh pesan video yang disederhanakan. Berikut adalah videografis tentang tips pembuatan video dengan Powerpoint:

Kami pun membuka kesempatan kepada Anda untuk bersama-sama belajar menyusun videografis dalam Workshop Animasi dan Motion Infographic, Amazing Slide Videographic yang sudah diselenggarakan di berbagai perusahaan, BUMN maupun kementerian. Silakan hubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk penawaran istimewa.

4- Videografis adalah Pengalaman Pasif

Untuk melihat videografis Anda, audiens tidak perlu jauh-jauh datang ke tempat presentasi Anda, menghabiskan banyak waktu dan tenaga, cukup hanya dengan menekan tombol “Play” di gadget mereka masing-masing, audiens akan dengan cepat memahami gagasan presentasi Anda. Hal ini sesuai dengan riset yang dilakukan oleh Tubular Social, bahwa 64% konsumen yang aktif di sosial media akan menghubungi atau memesan produk setelah melihat video tentang produk tersebut. Nah, jika tidak ingin ditinggal oleh 64% kustomer Anda, promosikan produk Anda segera dengan videografis. Sebagai contoh, berikut adalah tips untuk memilih pointer dalam presentasi, saya yakin Anda akan mempertimbangkan masukan ini untuk mensukseskan presentasi Anda, dan jika Anda tidak memiliki pointer seperti ciri berikut, Anda akan segera mencarinya:

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment