BLOG

4 Tips Optimasi Presenter View

4 tips optimasi presenter view. Untuk menunjang kesempurnaan performa presentasi, software presentasi seperti Keynote (Mac) dan Powerpoint (Microsoft Office) memiliki fasilitas untuk menampilkan catatan atau narasi bagi presenter tanpa diketahui oleh audiens. Hal ini membuat presenter seolah mampu menghapal materi presentasi dengan baik. Padahal di hadapan presenter terpampang narasi yang jelas tentang apa-apa yang harus diungkapkan oleh presenter dari menit ke menit selanjutnya. Fasilitas ini dinamakan Presenter Notes (Keynote) atau Presenter View (Powerpoint).

Bisa dibilang presenter view adalah senjata rahasia presenter untuk memukau audiens. Jika Anda menggunakan Powerpoint 2007 atau 2010 Anda bisa melihat gambar di bawah ini untuk mengaktifkan presenter view. Sedangkan untuk pengguna Powerpoint 2013 keatas, presenter view akan tampil secara otomatis saat tampilan Powerpoint Anda slide-showkan dengan LCD projector.

Meski fasilitas ini sudah tersedia, namun masih sedikit presenter yang memanfaatkan fasilitas ini dengan optimal. Nah, berikut saya mencoba memberikan 4 tips optimasi presenter view dalam presentasi, sehingga penampilan presentasi Anda lancar dari awal hingga akhir. Apa saja teknik optimasi tersebut? Berikut pembahasannya:

1- Tampilkan Kata Kunci / Hal Penting saja dalam Slide

4 tips optimasi presenter view yang pertama adalah menampilkan hal-hal yang penting saja di dalam slide. Anda tidak perlu menampilkan semua di dalam slide, cukup yang penting atau hal yang Anda kuasai saja. Tampilkan kata kunci yang ingin Anda bahas di dalam slide. Dan inilah yang dilihat oleh audiens. Sedangkan di dalam presenter view, penjelasan detail tentang apa yang ditampilkan di visual slide bisa Anda sampaikan dengan seksama. Hal ini bisa menghindarkan audiens dari kebosanan saat mendengar presentasi Anda. Sekaligus menunjukkan adanya pembeda antara apa yang ditunjukkan oleh slide dengan presentasi Anda.

2- Isi presenter View dengan Hal-hal yang mudah Anda Lupakan

Jika kita sudah memahami bahwa kita cukup memasukkan kata kunci di dalam slide untuk dilihat audiens dan menggunakan presenter view dalam penjelasan presentasi, maka berikutnya kita harus memahami penjelasan detail apa saja yang harus masuk ke dalam presenter notes atau presenter view. Salah satunya adalah memasukkan hal-hal yang mudah Anda lupakan, seperti contoh setelah Anda menjelaskan suatu deskripsi. Misal sebagai contoh Anda menjelaskan tentang definisi infografis, yaitu visualisasi dari data atau informasi, maka setelah Anda menjelaskan definisi, sampaikanlah contoh. Anda bisa memberikan contoh bahwa tampilan infografis salah satunya adalah interface dari layar smartphone yang penuh dengan gambar berupa simbol atau icon.

Dengan memasukkan hal-hal yang mudah Anda lupakan dalam presentasi di presenter notes, problem lupa dalam penyampaian materi presentasi bisa dihindari.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , ,

Post a comment