BLOG

10 Tips Presentasi yang Memalukan

Biasanya artikel di web saya bercerita tentang tips presentasi dan slide yang memukau audiens. Namun kali ini saya akan mencoba sharing sebaliknya. Saya akan berbagi 10 tips presentasi yang memalukan dengan berharap kita bisa mengambil pelajaran dan menghindarinya. 10 tips presentasi yang memalukan ini saya ambil dari Thought and Co dengan sedikit modifikasi contoh dari pengalaman saya di dunia training. Berikut 10 tips presentasi yang memalukan sehingga sehingga bisa kita hindari:

1- Peralatan Presentasi tidak Berfungsi Optimal

Memastikan peralatan presentasi bekerja dengan baik adalah tugas presenter. Akan sangat memalukan jika proyektor tidak mau terhubung dengan komputer, pointer tidak berfungsi ataupun audio video tidak bisa dimainkan. Oleh karena itu pastikan Anda datang lebih awal untuk memastikan semua perlengkapan bekerja dengan optimal.

2- Informasi Presentasi terlalu Banyak

10 tips presentasi yang memalukan berikutnya adalah terlalu banyak informasi yang disampaikan. Misalnya, tema presentasi dengan judul “36 Langkah Memajukan Tim dalam Perusahaan”. Ini adalah tema yang terlalu banyak untuk satu presentasi. Idealnya inti presentasi maksimal 7 item dalam satu waktu presentasi sehingga audiens mudah mengingatnya.

3- Tidak Fokus

Pembahasan dalam presentasi yang tidak fokus akan menghabiskan banyak waktu. pastikan presentasi kita di jalur yang benar. Tentukan tema, lalu tulis rundown penyampaian Anda supaya presentasi kita efektif.

4- Membaca Langsung dari Layar Proyektor

Salah satu ciri khas presenter yang tidak menguasai materi presentasi adalah membaca langsung dari proyektor. Upayakan kita berlatih terlebih dulu sebelum menyampaikan presentasi, supaya kita tidak terlalu banyak menengok slide dan membacanya.

5- Menampilkan Gambar yang Tidak Berhubungan

Carilah gambar yang berhubungan dengan konten slide presentasi. Usul saya, berlangganan lah di stockphoto atau mengambil gambar dari website gratis dengan lisensi gambar royalti free. Jika memang tidak ada gambar yang Anda inginkan, tampilkan saja slide apa adanya, tanpa gambar pun tidak masalah.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , ,

Post a comment