BLOG

Rahasia Slide Presentasi Memukau

Slide Presentasi. Sebagai seorang trainer dalam dunia slide presentasi, saya sering menjumpai audiens yang ingin memasukkan semua isi materinya ke dalam slide presentasi. Ada dua alasan yang seakan membenarkan hal ini. Yang pertama, mereka takut lupa dengan materi presentasi yang akan mereka sampaikan, akhirnya dimasukkan semua dalam slide presentasi. Kedua, Mereka takut kalau konten materi presentasi tidak diberikan semua atau dituntaskan, audiens bisa salah tangkap dengan materi tersebut. Benarkah demikian?

Menurut saya, Anda tidak perlu memasukkan semua konten materi ke dalam slide presentasi, karena dengan memasukkan semuanya ke dalam slide presentasi, tampilan layar akan tampak penuh dan malah terlihat sulit untuk terbaca dengan baik. Apalagi jika Anda berhadapan dengan ratusan atau bahkan ribuan audiens. Kalimat yang tampak di slide presentasi akan terlihat sangat kecil dan bisa jadi tak mampu terbaca oleh audiens. Ketika mereka sulit untuk menangkap kalimat di dalam slide, maka audiens menganggap materi tersebut tidaklah penting. Akibatnya audiens tidak akan mendengar presentasi Anda.

Selain itu, memasukkan semua ke dalam slide presentasi, menjadikan tampilnya Anda di depan seakan sia-sia belaka. Mengapa? Ya, karena semua sudah terangkum di dalam slide, Anda tinggal memberikan audiens copy dari slide tersebut dan mempersilakan audiens untuk membaca di rumah. Hal ini seringkali terjadi di dunia pendidikan, materi dari guru, dosen atau pengajar yang terpampang di slide, sama persis dengan apa yang mereka presentasikan. Akhirnya presentasi tidak memiliki kekuatan apapun. Dan informasi di dalam presentasi seakan diabaikan begitu saja.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment