Desain Slide Presentasi – Hindari Miskonsepsi

Sebuah gambar bisa bermakna ribuan kata-kata. Sebuah gambar bisa ditafsirkan berbagai macam penafsiran oleh orang yang melihatnya. Untuk menghindari terjadinya salah persepsi atau miskonsepsi, biasanya sebuah gambar akan diberi keterangan. Penjelasan itu bisa berupa makna gambar, pesan apa yang bisa diambil dari gambar tersebut dan sebagainya.

Demikian pula dalam desain slide presentasi. Memang ada sebagian presenter yang berpendapat bahwa gambar tanpa keterangan, jika ditampilkan dalam slide bisa membawa audiens dalam suasana yang diinginkan oleh presenter. Meski demikian perlu diingat, penafsiran seseorang terhadap gambar berbeda-beda, tergantung sudut pandang masing-masing.

Oleh karena itu, dalam workshop desain slide presentasi, Amazing Slide Presentation, saya meminta para peserta untuk selalu memberikan keterangan terhadap gambar yang ditampilkan dalam slide. Tujuannya, tidak lain adalah untuk menghindari salah tafsir, salah persepsi atau miskonsepsi.

Sebagai contoh, berikut adalah tampilan slide presentasi dengan gambar tanpa keterangan. Saya yakin persepsi Anda akan beraneka ragam

Slide1

Tapi, coba bandingkan dengan desain slide presentasi berikut yang sudah diberi keterangan. Saya yakin salah persepsi akan bisa diminimalisir.

Slide2
Contoh 1, fokus pembahasan slide ini terdapat pada kandungan air yang terdapat dalam tubuh manusia.
Slide3
Contoh 2, pembahasan slide ini terletak pada manfaat air bagi kesehatan.
Slide4
Contoh 3, fokus pembahasan slide terletak pada daur ulang sampah plastik yang terdapat pada kemasan air minum.

Tiga contoh di atas menurut saya sudah cukup bagi kita untuk menambahkan keterangan pada gambar sehingga pemahaman presenter sama dengan audiens. Slide-slide di atas adalah contoh konkrit penggunaan teks untuk menghindari salah persepsi atau miskonsepsi.

Silakan Anda berlatih untuk menyamakan persepsi Anda dengan audiens dengan slide presentasi plus keterangannya, sehingga tidak terjadi miskonsepsi.

Selamat berlatih ya, semoga manfaat.

Salam Amazing.

One thought on “Desain Slide Presentasi – Hindari Miskonsepsi

  • Semoga tak terjadi miskonsepsi di antara say dan audiens,

    Pak, belakangan ini saya lit gambarnya berpola lebih ke anak muda, lebih segar, berenergi, pertama liat sejak pola gambar seperti ini sejak saya download desain slide yg terakhir,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.