BLOG

10 Tipe Diagram untuk Presentasi Bisnis

Di dalam dunia bisnis, diagram merupakan salah satu faktor penting untuk menjelaskan sebuah konsep. Menurut definisinya sendiri, diagram adalah bentuk visual dari aliran proses atau langkah-langkah berupa urutan. Dalam presentasi, diagram sangat baik untuk menggantikan urutan dalam bentuk bulletpoint. Bentuk visual yang mudah dipahami dari diagram membuatnya sangat efektif untuk media presentasi. Nah, dalam artikel ini, saya akan menjelaskan 10 tipe diagram untuk presentasi bisnis mengambil referensi dari EDraw. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya:

1- Mind Map

Tipe pertama dari 10 diagram untuk presentasi bisnis adalah mind map. Diagram ini menggambarkan satu ide pokok yang memiliki beberapa cabang. Mind map sangat baik untuk memantik ide, menjelaskan gagasan, hingga mencari solusi dari sebuah problem.

2- Diagram Tulang Ikan (Fishbone) atau Diagram Ishikawa

Diagram tulang ikan ini merupakan tampilan visual yang terdiri dari 3 lapisan. Lapisan atas adalah berbagai kategori, lapisan tengah adalah masalah yang ditimbulkan dan lapisan bawah adalah alternatif solusi untuk masalah tersebut. Diagram tulang ikan ini banyak diapakai oleh corporate untuk menyiapkan solusi dari sebuah flow process.

3- Diagram Venn

Diagram ini merupakan lingkaran-lingkaran yang saling beririsan. Setiap lingkaran merupakan kategori tertentu, sedangkan irisannya adalah hubungan atau persamaan atas kedua lingkaran tersebut. Dalam presentasi bisnis, diagram venn biasanya digunakan untuk menjelaskan secara logis hubungan antara satu kategori dengan kategori lainnya.

4- Diagram Sirkuler

Diagram ini menunjukkan flow process yang berupa siklus, terus berputar tanpa akhir. Sebagai contoh, siklus air, siklus nitrogen, siklus fosfor dan berbagai macam siklus lainnya, bisa divisualkan dengan diagram ini.

5- Diagram Piramida

Diagram ini menunjukkan struktur atau hierarki urutan dengan level yang berbeda. Tingkatan yang berbeda biasanya ditunjukkan dengan warna yang berbeda pula.

6- Timeline Diagram

Urutan ke-enam dari 10 tipe diagram untuk presentasi bisnis adalah diagram timeline. Diagram timeline ini menunjukkan urutan proses mengikuti kronologi waktu, baik dalam jam, hari, minggu bahkan tahun. Biasanya diagram ini dipakai untuk menunjukkan kronologi sejarah sebuah perusahaan.

7- Diagram SWOT

Diagram SWOT merupakan singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (kesempatan) dan Threat (ancaman). Diagram ini sangat bermanfaat untuk berdiskusi tentang pengambilan keputusan dalam sebuah perusahaan.

8- Flow Process Diagram / Diagram Alir

Seperti namanya, diagram ini sangat efektif untuk menjelaskan sebuah proses dari awal hingga akhir, efektif pula menjelaskan Standart Operational Proccedure (SOP) sebuah pekerjaan.

9- Diagram Urutan / List Diagram

Diagram ini berbentuk mirip dengan tabel, berupa kolom dan baris yang menunjukkan urutan tertentu, namun tidak berhubungan secara langsung seperti flowchart. Misalnya, urutan nama siswa di dalam satu kelas, atau daftar nama staf dalam perusahaan, ini bisa dimasukkan dalam tampilan visual diagram urutan. Diagram ini sangat baik untuk menggantikan tampilan bullet point.

10- Onion Diagram / Diagram Bawang

Diagram ini mirip dengan irisan bawang yang menunjukkan lapisan-lapisan dari sebuah kategori. Sangat baik untuk menunjukkan ruang lingkup dari sebuah analisa maupun problem di sebuah perusahaan.

Nah, itulah 10 tipe diagram untuk presentasi bisnis, fungsi masing-masing disertai dengan contoh. Untuk memperdalam materi tentang diagram, Anda bisa mengikuti Workshop Infografis bersama saya dan tim Kreasi Presentasi yang sudah diselenggarakan di lebih dari 140 perusahaan, silakan hubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk penawaran istimewa.

Salam Amazing.

 

 

 

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment