BLOG

Pelatihan Presentasi – ASP Tabalong

Pelatihan presentasi. Pelatihan presentasi dan optimasi desain slide powerpoint terbaik di Indonesia, Amazing Slide Presentation batch-7 berlangsung di Tabalong, Tanjung Kalimantan Selatan. Butuh waktu sekitar 6 jam perjalanan darat setelah mendarat di bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin. Saya pun sampai di tempat penginapan pada jam 12 malam WITA. Dan bersiap untuk pelatihan presentasi keesokan harinya, lelah memang namun ternyata kelelahan saya terbalas tuntas dengan semangat dan antusiasme para peserta.

Jujur, optimasi powerpoint dan pelatihan presentasi adalah hal yang baru bagi mereka. Selama ini para peserta menampilkan presentasi powerpoint biasa-biasa saja. Bahkan cenderung full teks serta ingin menyampaikan semuanya. Dengan Amazing Slide Presentation ini rupanya mindset para peserta berubah total. Bahkan mereka lebih bersemangat lagi. Diantara mereka malah ada yang berikrar ingin menjadi desainer slide presentasi di Kalimantan Selatan dan berjanji berlatih mendesain minimal satu slide dalam sehari.

Bagi saya ini adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Saya yang akan meninggalkan Indonesia awal 2014, merasa sangat merindukan semangat dan kesungguhan para peserta training saya untuk mengubah metode presentasi dengan desain slide memukau terutama di Indonesia. Dan sebagian peserta workshop powerpoint di Tabalong mengiyakan hal itu. Lalu apa yang bisa saya sharing dari sana? Berikut adalah sejumlah evaluasi dan catatan untuk penyempurnaan presentasi yang saya ambil dari sejumlah presentasi para peserta di Tabalong, mudah-mudahan ini juga jadi masukan untuk Anda:

  1. Desain judul presentasi: upayakan mendesain judul presentasi Anda sesuai dengan karakter Anda. Saya pun mendesain judul presentasi seminar “Menjadi Pemenang Kehidupan” sesuai dengan cover buku tersebut, demikian pula dengan seminar “4 Cermin Flora“. Judul yang identik dengan karakter Anda akan mengkondisikan audiens sejak awal sebelum anda tampil presentasi. Jadi, manfaatkan momentum ini.
  2. Desain profil diri: profil diri menggambarkan siapa Anda. Usahakan Anda menampilkan foto profil diri yang terbaru dan terbaik. Lalu tuliskan detail diri Anda, minimal 3 hal yaitu pendidikan, aktifitas dan kontak Anda. Tampilkan profil yang “menjual”, karena profil akan mengangkat kepercayaan audiens terhadap Anda.
  3. Desain slide isi materi: Tampilkan kata kunci materi Anda antara 3 hingga 5 kata kunci. Kata kunci inilah yang akan terus diingat audiens. Hindari banyak bullet point dan perbanyak kisah atau contoh. Jangan lupa selipkan humor dan cerita yang menyentuh, tapi jangan lupa menyampaikan inspirasi setelah kisah tersebut.
  4. Desain slide penutup: Anda bisa mendesain slide penuup berupa simpulan atau qoutes. Ini adalah penutup yang wow, dan jika Anda menyampaikan penutup tersebut dengan memukau, saya jamin audiens akan ingat selalu presentasi Anda.

Itulah oleh-oleh yang saya bawa dari Tabalong. Saya harap ini bisa me-refresh pengetahuan Anda tentang presentasi. Jangan lupa untuk berlatih dan terus berlatih. Semoga sukses.

pelatihan presentasi

Pakar Slide di depan Hotel Aston Tanjung, Tabalong

 

Suasana workshop Student Company Programme Amazing Slide Presentation batch-7, kerjasama dengan PT. Adaro.

Pakar Slide bersama sebagian peserta workshop

 

 

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment