BLOG

Ayo Menyentuh Sudut Indonesia!

Hari Sabtu kemarin, saya mendapat kesempatan berbagi materi Pribadi HebatManfaat kepada sekitar 70 orang anggota Karang Taruna Karangpoh Sidoarjo. Ini adalah bagian dari Corporate Seocial Responsibility (CSR) perusahaan saya kepada sebagian rekan yang ingin mengikuti seminar namun mempunyai dana yang terbatas. Intinya, kami ingin menyentuh sudut-sudut kota yang belum memperoleh inspirasi dan motivasi. Padahal inspirasi dan motivasi sangat penting untuk meningkatkan kualitas diri dan mutu hidup.
Pada seminar singkat hingga berbuka puasa tersebut, saya berbagi pengalaman tentang bagaimana menjadi seorang expert dan bermanfaat untuk sesama. Terus terang, bagi rekan-rekan Karangpoh, ini adalah pengalaman pertama mereka. “Sebelumnya, saya hanya melihat seminar motivasi di televisi, seperti acaranya Pak Mario Teguh. Namun ternyata rasa mengikuti di tivi dengan mengikuti seminar sesungguhnya sangat berbeda. Terima kasih Pak Dhony, materinya begitu menyentuh dan mengena bagi saya.”  Ujar salah satu pengurus Kartar yang juga merupakan pengurus IPPNU Sidoarjo.
Setelah selesai acara, beberapa pengurus Kartar pun singgah ke rumah saya untuk curhat tentang keinginan dan impian mereka yang selama ini terpendam. Namun di sisi lain, sebagian diantara mereka ada yang bekerja, dan sebagian yang lain masih kuliah dan bersekolah, terus terang mereka bingung untuk menentukan apakah fokus kuliah dan kerja atau fokus meraih impian.

Saya pun menanggapi berbagai pertanyaan mereka dengan senyum dan diskusi ringan, hingga tampak kepuasan di raut wajah mereka. Dalam hati saya pun berkata, “Seharusnya, para trainer lebih banyak menyentuh sudut-sudut negeri ini. Bisa jadi, generasi emas negeri ada diantara mereka.” Ya, sebagai trainer, memang dari sudut pandang ekonomi, memberikan seminar gratis di sudut negeri tidaklah menguntungkan. Seorang trainer yang biasa dibayar jutaan rupiah oleh perusahaan maupun instansi, harus merelakan rezeki itu tidak diperolehnya.

Namun, bukan itu esensi motivasi dan inspirasi sesungguhnya, sudah kewajiban bagi trainer untuk mengajak setiap orang menuju ke jalan kesuksesan dan kemuliaan. Bagi seorang trainer, jalan kesuksesan dan kemuliaan baginya adalah jalur dimana setiap trainer terus berlatih dan berlatih menebar kebaikan untuk meningkatkan kemampuan. Termasuk menginspirasi sudut-sudut negeri.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , ,

Post a comment