Alasan Penting Memiliki Skill Data

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Alasan Penting Memiliki Skill Data

Peranan data semakin hari semakin penting. Data tidak lagi diperuntukkan untuk tim analitik saja, tetapi semua orang dalam instansi, perusahaan maupun organisasi. Saat ini banyak perusahaan yang melibatkan penggunaan data meskipun bukan pekerjaan yang sifatnya teknis. Bahkan industri seperti ritel yang mungkin saja sebelumnya tidak melibatkan data dalam kegiatan industrinya, kini mulai menggunakan big data sebagai bahan analitik terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Itulah mengapa pengusaan data sangat dibutuhkan di era saat ini.

Sebelum kami paparkan lebih lanjut tentang alasan penting memiliki skill data, kami akan bahas terlebih dahulu apa itu skill data. Skill data merupakan kemampuan untuk memahami konsep data, memahami cara menjawab menggunakan data, dan memahami membuat keputusan berdasarkan data. So, dari sini mungkin Anda sudah terbayang, mengapa Anda perlu memiliki skill data yang memadai. Untuk memahami lebih lanjut mengenai pentingnya skill data, simak penjelasan lengkapnya berikut.

Alasan Penting Memiliki Skill Data

1- Mencari Data Penting Secara Mandiri, Efektif, dan Hemat Waktu

Memahami dasar analisa data tidak ada ruginya bagi Anda. Anda tidak selalu tergantung dengan tim data terutama untuk pekerjaan yang berhubungan dengan data yang masih bisa Anda kerjakan sendiri. Saat Anda membutuhkan sesuatu yang berhubungan dengan data, Anda bisa mencarinya sendiri, mengerti akan cara mengumpulkan dan memproses data, hingga tercipta insight data yang Anda butuhkan. So, Anda bisa semakin produktif.

(sumber : pixabay)

2- Mampu Bertanya Seputar Data dengan Pertanyaan yang Tepat

Melalui pertanyaan, terkadang muncul inovasi maupun pemecahan masalah yang tepat bagi perusahaan. Untuk menemukan pertanyaan yang tepat dari data yang ada, Anda harus bisa memahami data tersebut. Dengan bergitu pertanyaan berbobot dan penting dapat Anda lontarkan.

3- Mampu Mengambil Keputusan dan Problem Solving yang Baik

Pada intinya analisis diperlukan untuk pemecahan masalah. Kemampuan untuk berpikir secara analitik terhadap suatu masalah akan selalu berguna, baik dalam lingkungan kerja maupun di kehidupan sehari-hari. So, kemampuan melihat data dan menarik kesimpulan perlu dimiliki semua jajaran, baik itu pimpinan ataupun karyawan.

(sumber : pixabay)

4- Anda Akan Menjadi Aset dan Memperoleh Banyak Kesempatan

Volume sepersekian detik data setiap harinya semakin bertambah. Kesenjangan keterampilan dan teknologi dalam pemanfaatan data masih kerap terjadi di perusahan. Menurut PwC dan Iron Mountain (2015), hanya 4% perusahaan yang telah memiliki keterampilan dan teknologi pemanfaatan data dengan baik. So, dengan belajar skill data, Anda memiliki peluang besar untuk bergabung dan berkarir di perusahaan impian Anda.

(sumber : pixabay)

5- Mampu Menulis dan Berkomunikasi Sesuai Data

Di dalam pekerjaan, tak menuntut kemungkinan Anda akan berkolaborasi dengan individu dari berbagai peran yang berbeda. Kolaborasi tersebut akan menyenangkan dan membawa manfaat jika Anda bisa mengikuti aturan mainnya. Misalnya jika Anda berkolaborasi dengan data specialist, dan Anda telah memiliki skill data dasar, Anda pasti mampu mengimbangi cara komunikasi, penyampaian projek, dan goals dari segi data. So, ini bisa menjadi peluang besar karir Anda.

(sumber : pixabay)

Dari uraian alasan penting memiliki skill data yang telah kami sampaikan, ternyata banyak benefit yang bisa diambil jika kita mempelajari skill data dasar. Untuk itu kami menyediakan Workshop Amazing Data Presentation. Pelatihan Analisa dan visualisasi jutaan data dengan 2 software Business Intelligence yaitu Microsoft Excel dan Tableau. So, tunggu apalagi, segera hub di nomor 0857 3333 0407 (Bu Isti) dan capai karir Impian Anda.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment