Manfaat Data Storytelling

Pelatihan infografis, videografis & visualisasi data via Excel & Tableau, CP: 0857 3333 0407.

Manfaat Data Storytelling

Di dunia yang digerakkan oleh data saat ini, penceritaan data menjadi semakin penting untuk pengambilan keputusan dan pertumbuhan bisnis. Peran analitik data seperti analis riset pasar, analis keuangan, dan analis riset operasi semakin lazim karena perusahaan menyadari pentingnya wawasan berbasis data. Para analis, menggunakan berbagai teknik data storytelling untuk menjalankan operasi analisis yang efektif. Untuk itu, kami akan membahas manfaat utama dari data storytelling. Apa saja manfaatnya? Simak terus di artikel berikut.

Manfaat Data Storytelling

1- Mempengaruhi Pengambilan Keputusan

Data Stprytelling yang menarik memberikan perspektif baru atau mengungkap aspek-aspek yang tersembunyi dan mengkomunikasikan apa yang perlu dilakukan. Hal ini memungkinkan para pemangku kepentingan untuk membuat keputusan yang tepat dan mengambil tindakan terkait strategi bisnis mereka. Jadi, usahakan visualisasi data yang Anda buat, mampu menceritakan isi data dengan tepat.

(sumber : pixabay)

2- Meningkatkan Literasi Data di Kalangan Karyawan

Keberadaan data yang melimpah dan sulit dipahami dalam sebuah organisasi, membuat beberapa pemangku kepentingan yang terkait ataupun karyawan kesulitan untuk membaca data. Keadaan yang demikian, berdampak pada rendahnya literasi baca karyawan ataupun pimpinan. Adanya data storytelling mampu meningkatkan literasi data karyawan dalam organisasi. Menurut survei yang dilakukan oleh Accenture dan Qlik, hanya 21% karyawan yang merasa percaya diri dalam membaca, menganalisis, dan mendiskusikan data. Oleh karena itu, data storytelling yang menarik dapat mendorong mereka untuk mengeksplorasi dan mendiskusikan data di dalam organisasi.

(sumber : pixabay)

3- Kesan Menarik Data Storytelling untuk Semua Kalangan

Memahami dan menarik perhatian audiens sangat penting untuk menciptakan komunikasi yang efektif. Otak manusia memproses visual 60.000 kali lebih cepat daripada teks, dan orang mengingat cerita 22 kali lebih banyak daripada fakta. Oleh karena itu, menceritakan kisah data kepada pengguna atau pemegang saham produk Anda dengan menggunakan narasi dan visualisasi yang menarik dapat menjadi sangat menarik dan berharga.

(sumber : pixabay)

Dalam sebuah organisasi, storytelling data dilakukan oleh analis data atau insinyur data. Alat bantu seperti Excel, Tableau dan PowerBI memungkinkan analis data untuk membuat visualisasi dan dasbor yang menarik dengan cara yang lebih simple.

Analis data harus selalu mengikuti tren dan tools terbaru dalam industri analisis data untuk menyampaikan cerita data yang berdampak. Untuk itu ikutilah Workshop Amazing Data Presentation. Pelatihan Analisa dan visualisasi data dengan 2 software Business Intelligence yaitu Microsoft Excel dan Tableau. Ini merupakan the next level training experience yang belum pernah dijumpai sebelumnya. So, segera hub di nomor 0857 3333 0407 (Bu Isti) untuk mendapatkan penawaran spesialnya.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment