BLOG

Tips Presentasi dengan Data

Tips presentasi dengan data yang ketiga adalah mewajibkan presenter untuk mengetahui tujuan visualisasi data. Misalnya, pie chart memang digunakan untuk mengetahui ukuran proporsi atau presentase di dalam sebuah populasi. Namun etika prosentase tersebut digunakan dalam sebuah visualisasi perbandungan, maka sebaiknya presenter menggunakan grafik batang. Mengetahui tujuan visualisasi data sangat penting untuk memudahkan teknik penyampaian presentasi kita selanjutnya.

4- Perhatikan Hierarki Data

Urutan data atau hierarki data sangat penting di dalam visualisasi dan presentasi. Mengurutkan data mulai dari yang terbesar hingga terkecil, atau mengurutkan data sesuai abjad, adalah hal sederhana namun berdampak besar dalam visualisasi dan presentasi Anda. Pengurutan data sangat dianjurkan dalam presentasi, selain grafik atau tabel terlihat lebih terencana, presenter pun gampang untuk mengurutkan kronologi yang terjadi saat presentasi.

5- Sederhanakan Visualisasi Data Anda

Data yang Anda tunjukkan di dalam slide sudah membuat audiens mengernyitkan dahi, jangan tambahi lagi kerutan di dahi audiens dengan visualisasi data yang memiliki banyak variasi yang sulit untuk dipahami. Sederhana saja. Sesuaikan warna data dengan legenda-nya. Tampilkan ikon atau image yang mungkin mewakili data. Dan Anda juga bisa meng-highligt data dengan warna berbeda jika ingin fokus menyampaikan data tersebut.

Nah, itulah 5 tips presentasi dengan data yang bisa membantu Anda meningkatkan kualitas presentasi. Anda pun bisa berkolaborasi dengan tim kami Kreasi Presentasi untuk workshop infografis dan slide profesional dengan menghubungi  Bu Isti 0857 3333 0407.

Salam Amazing.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment