BLOG

Kesalahan Dasar Presentasi

Maka supaya kita tidak melakukan kesalahan yang sama, ada 3 tools presentasi yang perlu Anda perhatikan:

  1. Catatan presentasi. Anda perlu menyiapkan catatan bagi presentasi Anda. Ini cukup Anda sendirilah yang tahu. Boleh Anda simpan dalam iPad atau kertas kecil. Bawalah catatan ini ketika Anda presentasi. Lebih baik lagi jika Anda sudah hapal di luar kepala. Catatan berisi tentang apa-apa yang harus Anda sampaikan. Urutan detail tentang presentasi Anda. Bedakan isi catatan dengan modul, sehingga perhatian audiens tetap pada Anda.
  2. Modul presentasi. Perlu diketahui, modul presentasi adalah untuk peserta. Tujuannya supaya peseta memahami lebih dalam materi yang Anda sampaikan. Modul adalah untuk dibawa pulang. Bukan sebagai bahan bacaan ketika Anda menyampaikan presentasi. Maka bedakan isi modul dengan isi presentasi Anda, walau intinya kontennya sama.
  3. Desain slide. Sampaikan slide yang sederhana. Tampilkan poin-poin pentingnya saja. Tidak perlu Anda tampilkan semua tulisan dan gambar dalam satu slide. Ini akan terkesan memaksakan. Sebagai catatan pula, membuat slide presentasi itu mudah, namun tidak semua orang mampu mendesainnya. Maka, untuk melengkapi kesempurnaan presentasi Anda, silakan mengikuti Kursus Powerpoint Optimation secara online yang akan menjelaskan dengan gamblang arti desain slide presentasi. Terbuka untuk individu, dengan catatan Anda memiliki akun facebook, yahoo messenger dan skype.

Selain itu, Anda pun kami sarankan untuk mengikuti workshop desain slide, Amazing Slide Presentation, yang akan mengubah tampilan slide Anda berkelas dunia. Terbuka untuk individu maupun perusahaan (corporate).
Untuk Powerpoint Optimation silakan hubungi Rahma 081 355 457 428 atau Bheny 0856 4857 3807.
Sedangkan untuk Amazing Slide Presentation, silakan hubungi Aksi Training and Consulting (031) 777 222 80 atau 0811 344 3800.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  • dokterdiaz

    tambahan mas untuk dosen/guru,
    ada baiknya jika di tengah atau akhir presentasi ada feedback seperti soal atau studi kasus, agar bisa didapatkan feedback seberapa jauh peserta memahami materi yang disampaikan.
    Perbedaan point of view atau pemahaman terhadap materi juga bisa diketahui dengan adanya feedback seperti ini.
    untuk hand out/note, ada baiknya disediakan lahan kosong di sebelah handout, sehingga peserta didik bisa langsung menulis di sebelah nya poin poin yg tidak ada di hand out. Biasanya saya menerapkan rumus 2/3 1/3. 2/3 lembar berisi tulisan, sisanya lahan kosong untuk side note agar peserta bisa menulis poin poin penting langsung side by side dengan handout.
    kalo bisa juga, peserta udah diberi handout ini sebelum presentasi, jadinya bisa melakukan preview tentang materi yg akan diberikan.

    Reply
    • dokterdiaz

      untuk feedback, ada alat namanya iClicker, semacam alat untuk memvote, jadi hasil feedback bisa langsung dilihat di layar komputer.
      alat ini fungsinya kayak juri votelock di talent talent itu lo.. harganya untuk satu alat sekitar 30$

      oiya, jarang ada presenter di indonesia yg menggunakan fungsi pen di ppt, padahal bagus sekali buat jelasin. bisa coret coret di presentasi untuk emphasize poin penting, atau nambahin hal hal yg terkait dengan poin itu.

      Reply
  • dokterdiaz

    desain sih ga penting penting amat. yg penting kan tujuannya peserta bisa paham.
    jangan sampai mengorbankan informasi demi desain.. konyol namanya.. -_-

    Reply

Post a comment