Kelebihan dan Kekurangan SmartArt dalam Powerpoint

Pelatihan Infografis, Videografis dan Visualisasi Data, CP: 0857 3333 0407.

Kelebihan dan Kekurangan SmartArt dalam Powerpoint

Nah, setelah kita tampilkan bagaimana teknik memasukkan SmartArt ke dalam Powerpoint, berikut adalah beberapa kelebihan dan kelemahan SmartArt dalam Powerpoint:

Kelebihan:

1- Lebih Cepat

SmartArt membuat waktu Anda untuk membuat diagram lebih cepat dan lebih visual daripada teks biasa.

2- Konten Tertata

Dengan SmartArt, Anda tidak perlu lagi bingung dengan penataan layout teks. Semuanya sudah tertata dengan otomatis dan Anda tinggal memasukkan kontennya saja.

3- Warna Sesuai Template

Jika Anda mahir dalam penggunaan Slide Master, Anda bisa mengubah warna grafik dan diagram termasuk SmartArt secara otomatis. Setelah warna sudah dirancang dalam Slide Master, tampilan SmartArt Anda akan mengikuti template warna tersebut sehingga serasi dengan konten visualisasi data lainnya.

4- Mudah Diedit

Diakui atau tidak, penggunaan SmartArt dalam Powerpoint mempermudah siapapun dalam mengedit diagram, entah mau ditambah ataupun dikurangi.

Anda pun bisa mempelajari penggunaan SmartArt dengan lebih optimal dengan mengikuti pelatihan infografis bersama saya dan tim Kreasi Presentasi. Silakan hubungi Bu Kuma 0857 3333 0407 untuk penawaran istimewanya.

Kekurangan:

1- Bentuk Terbatas

Jumlah pilihan diagram dalam SmartArt sangat terbatas, oleh karena itu seringkali presenter menggunakan bentuk diagram yang sama dalam menyampaikan ide yang berbeda.

2- Umum Digunakan

SmartArt sangat umum digunakan untuk menjelaskan proses ataupun urutan. Bahkan digunakan oleh jutaan pengguna Powerpoint di dunia. Oleh karena itu seringkali kita melihat SmartArt yang sama dimana-mana sehingga terkesan membosankan.

3- Terbatasnya Animasi

SmartArt juga memiliki kemampuan yang sangat terbatas untuk menganimasikan kontennya. Sehingga seringkali animasi yang sama diulang berkali-kali.

4- Terbatasnya Insert Image & Teks

Gambar berupa foto sangat sulit dimasukkan secara otomatis dalam SmartArt. Umumnya mengalami reduksi ukuran maupun kualitas. Demikian pula dengan teks, seringkali kita wajib mengurangi jumlah teks yang masuk ke dalam SmartArt supaya bisa terbaca dengan mudah karena ukuran shape Smart Art yang terbatas.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan SmartArt dalam Powerpoint, semoga dapat membantu Anda untuk menggunakan fitur SmartArt ini dengan bijak.

Salam Amazing.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment