BLOG

Kaizen

Kaizen on slide, by Pakar Slide Dhony Firmansyah.

Bagaimana penerapan prinsip kerja ini? Saya beri contoh penerapannya pada bus gratis kota Kariya, meskipun gratis, pelayanan bus ini luar biasa. Bus ini juga menerapkan Kaizen dengan melakukan hal sederhana. Awalnya rute bus telah disiapkan oleh Kota Kariya (plan), kemudian bus pun mulai beroperasi (do). Sang supir mencatat berapa orang yang menaiki bus gratis di setiap pemberhentian, dia pun mencatat waktu dan tempat krusial kemacetan di jalan sehingga penumpang tak terlambat masuk kerja (check). Catatan ini diserahkan sebagai bukti riset sederhana-nya. Hasilnya, jalur bus gratis akhirnya bukan berada di jalan utama, namun di jalan bagian dalam (sisi) jalan utama. Bus gratis juga tetap bisa tepat waktu, karena mampu menghindari kemacetan setiap rush hour (fix). Saya yakin, bus gratis akan tetap melakukan Kaizen, karena sampai sekarang, setiap saya menaiki bus ini, sang supir masih melakukan pencatatan penumpang.

Hasil penerapan prinsip kerja ini bisa Anda lihat dalam kehidupan sehari-hari di negeri sakura. Mulai dari ketepatan waktu bus dan kereta, efisiennya kerja instansi pemerintah dan swasta, jadwal pembuangan sampah, hingga rambu-rambu di jalan yang lengkap. Ini semua hasil riset dan pengembangan yang berkesinambungan.

Kaizen adalah bukti keseriusan untuk terus berkembang dan berkembang. Inilah yang menjadikan seseorang atau perusahaan di Jepang ber-etos kerja tinggi. Setelah kurang lebih 2 bulan belajar banyak tentang Kaizen 4 perusahaan besar Jepang, selanjutnya saya pun akan melakukannya untuk Kreasi Presentasi.

Salam Amazing.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment