Jangan Lupakan Perjuanganmu

Pelatihan Infografis, Videografis & Visualisasi Data, CP: 0857 3333 0407.

Jangan Lupakan Perjuanganmu

Saya pun seringkali diingatkan oleh guru bisnis saya, bahwa dunia pengusaha lebih tidak pasti lagi. Ketika kita masuk dunia usaha, maka sebenarnya kita sudah memasukkan diri ini ke dunia yang penuh resiko. Resiko produk tidak terjual, resiko rugi, resiko bangkrut. Itu resiko negatif. Sebaliknya juga resiko untung, resiko gaji milyaran, dan resiko berbagi rezeki bagi banyak orang. Itu resiko positif.

Kata guru saya, tugas pengusaha hanya satu, memastikan timnya tetap semangat dan berhasil untuk mencapai resiko positif tersebut. Salah satu caranya adalah dengan melihat perjuangan Anda di masa lalu. Jangan lupakan perjuanganmu. Bagaimana kita membangun perusahaan. Bagaimana kita mempersiapkan proposal. Bagaimana kita mengoptimasi website. Bagaimana kita belajar jurnalistik dan branding. Bagaimana kita memenuhi rak toko buku Gramedia dengan karya. Bagaimana kita merekrut satu per satu karyawan dan memastikan gaji mereka tidak terlambat. Itu semua kita lakukan bukan satu dua tahun. Bisa belasan, bahkan puluan tahun. Jauh lebih berat dibandingkan pandemi ini yang baru berumur 2 tahun. Jauh lebih menyiksa dibanding shifting core bisnis. Jauh lebih menguras air mata dibanding tantangan mencari klien baru.

Maka, kata guru saya, jangan lupakan perjuanganmu. Karena dari hasil perjuanganmu, banyak orang menggantungkan nafkahnya padamu. Banyak orang merasakan manfaat pelatihanmu. Banyak orang menginginkan profesi sepertimu. Bersyukurlah. Caranya, dengan terus berjuang, bertahan dan terus ekspansif di era pandemi ini.

Salam Amazing.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment