BLOG

Evaluasi Presentasi

  1. Evaluasi Materi Anda. Komponen presentasi yang harus dievaluasi pertama kali adalah materi, sejauh mana kesesuaian materi Anda dengan kebutuhan audiens. Materi bisanya menentukan kepuasan audiens. Semakin sesuai dengan kebutuhan mereka, makin berharga pula nilai presentasi Anda.
  2. Evaluasi Media Anda. Selanjutnya, tanyakan kepada audiens melalui kuisioner ataupun pertanyaan langsung tentang media presentasi Anda. Bisa berupa slide, alat peraga, maupun prototipe yang Anda bawa. Apakah dengan media tersebut mereka makin mudah memahami presentasi Anda atau tidak.
  3. Evaluasi Teknik Penyampaian Anda. Teknik presentasi atau disebut juga dengan delivery merupakan sudut pandang utama interest audiens terhadap presentasi Anda. Makin banyak Anda sharing pengalaman, contoh maupun studi kasus yang sesuai dengan kebutuhan audiens, diselingi jokes segar dan bersahabat, audiens akan kian simpatik dengan presentasi Anda.
  4. Evaluasi Teknis Pelaksanaan Presentasi. Seringkali ini kurang diperhatikan, namun teknis pelaksanaan presentasi bisa menjadi faktor x kesuksesan Anda. Misalnya, kondisi ruangan, audio, kenyamanan ruangan, hingga sambutan panitia, tentu ini bisa menjadi nilai plus dalam evaluasi presentasi Anda.
  5. Mintalah Pendapat dan Saran Ahli. Jika ada audiens yang menurut Anda expert tentang presentasi, Anda bisa meminta evaluasi lebih dari nya. Karena pendapat seorang ahli atau praktisi, lebih baik daripada 1000 orang awam. Pendapatnya akan to the point, dan langsung mengena untuk perbaikan presentasi Anda ke depan.

Nah, inilah tips evaluasi presentasi dari saya, dengan harapan bisa memajukan presentasi kita bersama.

Salam Amazing.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow twitter saya @DhonyFirmansyah atau like fanpage saya di Facebook Dhony Firmansyah.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment