BLOG

Zen dalam Desain Slide

Sewaktu berada di negeri sakura, saya mempelajari keberadaan Zen dalam budaya masyarakat Jepang, terutama desain dan seni. Zen (善) sendiri memiliki makna kebaikan jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Jika zen dalam desain slide diaplikasikan, maka Zen bermakna bahwa desain yang kita hadirkan harus membawa kebaikan, mengusung pesan positif maupun mempengaruhi orang lain sehingga berbuat baik.

Di Jepang, saya belajar 11 prinsip zen dalam desain slide kepada Garr reynolds penulis Presentation Zen. Namun karena keterbatasan panjang artikel, maka saya akan membahas 3 hal diantaranya, yaitu Kanso, Shizen dan Kaizen. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya:

Kanso 簡素

Kanso memiliki makna simplicity atau kesederhanaan. Simplicity dalam desain artinya menghilangkan semua variabel pengganggu, yang bisa mempengaruhi kesederhanaan visual. Misalnya, teks yang terlalu banyak maupun warna yang tak harmoni adalah contohnya. Aplikasi kanso dalam desain slide adalah menampilkan inti pesan sehingga desain slide tampak sederhana. Dan, percaya atau tidak, desain slide yang sederhana akan berdampak positif dalam presentasi Anda.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment