Yang Harus Dihindari Saat Meeting Online

Hal-hal yang perlu dihindarkan saat Anda meeting online

Yang Harus Dihindari Saat Meeting Online

Guru saya mengajarkan adab dulu sebelum ilmu. Menghormati orang lain, menghargai orang lain, khususnya dalam berpendapat dan mengungkapkan ide. Hal ini juga berlaku untuk meeting online. Utamakan adab sebelum ilmu. Hargailah orang lain sebelum Anda mengungkapkan gagasan. Meeting online berbeda dengan pertemuan langsung. Dimana kita bisa merasakan audiens, melihat mimik wajah mereka dengan jelas serta sikap mereka. Di meeting online kita melihat semuanya dengan samar. Terkadang tak tampak sama sekali.

Nah, tulisan saya hari ini adalah tentang hal-hal yang harus dihindari saat meeting online. Apa saja yang harus kita hindari supaya meeting online berjalan lancar. Audiens tidak tersinggung. Dan gagasan kita bisa diterima dengan baik. Berikut adalah penjelasan saya tentang apa-apa yang harus dihindari saat meeting online:

1- Memotong Orang Berbicara

Saat meeting online, ketika kita sedang berbicara, kadangkala ada audiens yang ingin bertanya atau menginterupsi perkataan kita. Sebaiknya, kita membiarkan dirinya berbicara. Hal ini akan menunjukkan kerendahan hati kita. Akan tetapi, alangkah lebih baik memberikan sesi pertanyaan setelah materi diberikan. Oleh karena itu sangat penting menunjukkan kesepakatan bersama di awal meeting online sehingga Anda dan audiens sama-sama mengetahui hak dan kewajiban masing-masing.

2- Memberi Pertanyaan Terbuka

Saat meeting online, kita boleh mempersilakan audiens untuk menanggapi pernyataan kita. Namun hendaknya kita menghindari pernyataan terbuka. Misalnya, “Oke, silakan bagi yang ingin bertanya?“. Jika jumlah audiens sedikit, misal 5 orang, hal ini tidak masalah, karena Anda masih mampu meng-handle audiens. Namun jika audiens berjumlah 20, 30 atau bahkan 100 orang, maka pertanyaan terbuka akan menyulitkan Anda.

Alangkah lebih baik kita langsung menyebut nama dan memberi kesempatan audiens untuk bertanya. Misal ada 10 orang audiens, kita menyebut lima nama pertama untuk mengajukan pertanyaan di sesi satu dan lima nama kedua untuk mengajukan pertanyaan di sesi dua.

3- Melupakan Tombol “Mute”

Tombol “Mute” sangat bernilai di meeting online. Saat Anda berbicara, pastikan semua tombol “mute” sudah ter-setting. Saat Anda ingin batuk atau bersin, segeralah menekan tombol “mute” supaya audiens tidak terdistraksi. Jangan biarkan audiens menyalakan “mic” mereka saat meeting online berjalan.

4- Menyalakan Kamera Saat Tidak Perlu

Saat saya dan tim Kreasi Presentasi mengadakan Workshop Online “Jadi Expert Mendesain Infografis” batch pertama, saya selalu menyarankan kepada tim untuk mematikan kamera saat para peserta mengerjakan tugas mereka dan ingin menshare screen. Hal ini memudahkan kami berkoordinasi di belakang layar untuk kelancaran workshop tersebut.

Oya, Workshop ini akan kami adakan rutin tiap bulan. Untuk April 2020, kami akan adakan tanggal 25. Bagi Anda yang ingin inden bulan depan, silakan hubungi Bu Ayu di 08123 271 6030.

Jangan lupa untuk mematikan kamera saat tidak diperlukan, misal ketika break meeting, atau saat istirahat. Karena aplikasi meeting online bisa merekam apa saja yang Anda lakukan selama waktu tersebut.

5- Berada Di Ruang Gelap

Tidak semua kamera laptop ataupun webcam memiliki kualitas yang baik. Ada kalanya webcam memiliki resolusi yang kecil dan tidak peka terhadap cahaya. Hasilnya, gambar yang ditampilkan oleh kamera gelap, meski sebenarnya ruangan Anda cukup terang. Oleh karena itu pastikan Anda melengkapi tools untuk meeting online dengan baik. Nah, di artikel “Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Meeting Online”, saya sudah merangkum dan menjelaskannya dengan detail silakan diklik.

6- Menggunakan Sumber Cahaya Di Belakang Anda

Untuk membuat tampilan Anda jelas dan terang, maka pastikan tidak ada jendela atau lampu di belakang Anda. Keberadaan cahaya yang lebih terang membuat visual Anda tampak gelap. Jika jendela, sebaiknya Anda tutup dengan korden. Jika ada lampu di belakang, sebaiknya Anda imbangi dengan cahaya sorot dari depan.

7- Melupakan Background

Di beberapa aplikasi meeting online, ada yang memiliki fasilitas untuk mengganti bakground Anda sehingga tampak lebih atraktif. Meski demikian, bukan berarti kita melupakan background kita sesungguhnya. Jangan sampai audiens melihat bena-benda yang tidak diperlukan di belakang Anda. Misal gantungan baju, meja yang berantakan, kasur yang belum ditata dan sebagainya. Alangkah lebih baik kita mencari background yang polos, yang aman dari pandangan audiens. seperti dinding dan sudut ruangan. Ini membuat audiens lebih nyaman melihat visual Anda.

Nah, itulah 7 hal yang harus dihindari saat meeting online. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment