BLOG

Workshop Analisa Data

Workshop Analisa data. Setelah dunia dihebohkan dengan istilah AI atau artificial intelligence, yang terjemahannya disebut kecerdasan buatan. Kita kembali dikejutkan dengan keberadaan BI atau Business intelligence. Atau terjemahannya disebut kecerdasan bisnis.

Munculnya istilah ini dikarenakan maraknya startup di seluruh dunia yang kian bertumbuh, namun tidak sedikit pula yang tersungkur karena penguasaan bisnis yang lemah. Salah satu sebabnya adalah kurangnya penguasaan data dan analisanya, serta kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Kita tahu bahwa keberadaan data sangat penting dalam kelangsungan bisnis, membuka pasar baru, mengetahui karakteristik konsumen hingga memutuskan sebuah peraturan baru di sebuah negara. Artinya diperlukan kemampuan analisa data, meski sederhana, untuk mampu membaca dan menyimpulkan sebuah informasi.

Kemampuan analisa data ini wajib dimiliki oleh siapapun di bidang apapun, karena data sangat luas dan penggunaannya tak terbatas. Saya dan tim Kreasi Presentasi berusaha memahami problem ini, di tengah kemajuan teknologi yang eksponensial.

Kami berusaha mencari tools yang paling sederhana untuk analisa data. Yang tidak memberatkan siapapun dalam belajar. Menjadikan analisa data sebagai sesuatu yang menyenangkan. Dan secara nyata meningkatkan skill digital. Oleh karena itu saya dan tim Kreasi Presentasi di tahun 2019 ini melaunch pelatihan baru, yakni Workshop Analisa Data dan Visualisasinya melalui software Tableau, bertajuk Amazing Data Presentation.

Silakan melihat cuplikan video software Tableau yang kami gunakan dalam workshop ini melalui tampilan berikut:

Kelas premiere workshop analisa data ini diselenggarakan 29 dan 30 Agustus 2019 kemarin, di Surabaya, Bersama Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sebagai pendukung program integrasi data KemenPUPR. Selama 2 hari para peserta bersama-sama belajar mengekstrak data, menganalisa, menyusun materi data untuk presentasi hingga memvisualkannya.

Sebagian besar dari 25 peserta yang mengikuti bahkan melewatkan coffee break dan tenggelam dalam asyiknya pengolahan data. Salah satu testimoni positif dari Kepala Bagian Data dan Informasi PUPR menyebutkan bahwa, “Saya dulu memerlukan waktu 2 hingga 3 jam untuk analisa data seperti ini, namun di workshop analisa data ini saya hanya butuh waktu 5 menit saja.”

Berikut adalah video highlight dan testimoni woskshop analisa data Tableau bersama KemenPUPR:

Hal ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya dan tim KP. Selain workshop Analisa data yang berjalan lancar, kebahagiaan peserta dalam menyelesaikan masalah dan keseriusan mereka dalam mempelajari software merupakan kepuasan tersendiri bagi kami.

Kami pun mempersilakan Anda untuk mendownload proposal workshop analisa data Amazing Data Presentation di link berikut:

Dan jika ingin bertanya lebih lanjut tentang pelatihan ini, silakan mengontak Bu Isti di nomor 0857 3333 0407 (WA available).

Sampai ketemu di workshop analisa data & Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  • Software Analisa Data Terbaik - Kreasi Presentasi

    […] Slide Infographic, dan Amazing Slide Videographic. Kini kami mengembangkan produk baru yakni Amazing Data Presentation yang akan terus kami diskusikan agar mencapai hasil yang maksimal, semoga software analisa data […]

    Reply
  • Software Analisa Data Terpraktis - Kreasi Presentasi

    […] Slide Infographic, dan Amazing Slide Videographic. Kini kami mengembangkan produk baru yakni Amazing Data Presentation yang akan terus kami diskusikan agar mencapai hasil yang maksimal, semoga software analisa data […]

    Reply

Post a comment