BLOG

Website Vektor Gratis

Bagi Anda yang senang menyusun materi presentasi, flyer, hingga infografis dengan nuansa flat design, maka artikel ini sangat bermanfaat untuk Anda. Kenapa? Karena kami akan me-list daftar website vektor gratis yang bisa Anda gunakan baik secara pribadi maupun komersial. Oya, sebelum itu, saya akan menjelaskan sedikit apa perbedaan antara vektor dengan gambar biasa (raster).

Perbedaan pertama antara vektor dan raster adalah jenis file-nya. Secara umum file raster disimpan dalam ekstensi jpg, png, dan bmp. Sedangkan file vektor disimpan dalam ekstensi svg, ai, eps, emf maupun wmf. Perbedaan berikutnya adalah wujud tampilannya. Raster adalah file gambar yang telah fixed. Dia memiliki satuan pixel, yaitu kotak-kotak kecil yang akan terlihat ketika raster di-stretch. Sedangkan vektor tidak memiliki satuan pixel. Vektor merupakan gambar ilustrasi yang berasal dari shapes. Garis lurus, kotak, segitiga, kurva dan lain-lain. Bahasa mudahnya, vektor adalah rumus matematika yang divisualkan. Oleh karena itu, ketika vektor di-stretch, dia akan tetap stabil. Konsisten. Tidak muncul kotak-kotak pixelnya.

Nah, berikut adalah 6 website vektor gratis yang sudah kami list secara detail kepada Anda termasuk link untuk menuju web tersebut. Silakan me-klik gambar yang ada pada penjelasan website:

1- Freepik

Freepik adalah salah satu website dengan resource gratis terbesar di dunia. Di Freepik Anda bisa mendapatkan stok foto, file Photoshop (PSD) dan vektor yang sebagian besar bisa Anda download dengan gratis. File vektor yang disediakan secara umum terdiri atas file berjenis AI dan EPS. Anda bisa membuka dan mengedit file-file tersebut dengan menggunakan Adobe Illustrator. Selanjutnya Anda bisa menyimpan file vektor tersebut dalam bentuk SVG untuk bisa digunakan di Powerpoint Anda.

2- Flaticon

Website vektor gratis kedua adalah Flaticon. Berbeda dengan Freepik, Flaticon khusus menyediakan jutaan ikon secara gratis. Anda bisa mendownloadnya dengan instan. File-nya pun bisa Anda pilih. Mau berbentuk PNG atau SVG. Selain bisa didownload secara gratis, Flaticon pun menyediakan tools editing online. Yang bisa mengubah warna ikon sesuai dengan template warna Anda. Anda bisa mendownload vektor yang sudah Anda edit tersebut dengan syarat menjadi membernya. Jangan khawatir, membernya pun gratis.

3- Undraw

Website ini dikelolsa secara personal oleh Katerina Limpitsouni. Karena personal, jangan berharap resource yang disediakan sangat banyak. Bisa dibilang cukup untuk kebutuhan presentasi Anda. Yang keren adalah vektor disini semuanya gratis. Dan bisa langsung didownload dengan format SVG ataupun PNG. Silakan langsung menuju ke webnya, sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment